Lihat ke Halaman Asli

Jack Febrian Rusdi

PhD bidang ICT. Dosen dan Peneliti

Teamwork: Catatan Intisari

Diperbarui: 30 Mei 2022   13:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: resume-example.com

Ketika sekelompok orang berkumpul dan memiliki suatu tujuan, maka diperlukan teamwork. Teamwork merupakan suatu cara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Teamwork merupakan salah satu bagian yang penting dalam dunia kerja.

Artikel ini membahas tentang apa itu teamwork? Mengapa teamwork penting? apa tujuan teamwork? Skill apa yang diperlukan dalam teamwork? Apa saja strategi yang diperlukan dalam teamwork? bagaimana membentuk teamwork? Dan, bagaimana memilih teamwork? Mari kita bahas seperti di bawah ini.

Pengertian Teamwork

Teamwork adalah suatu sistem kerja bersama secara kolaboratif dalam suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Melalui teamwork diperlukan kerjasama tim untuk mengerjakan pekerjaan yang kompleks. Masing-masing team ini melakukan pekerjaannya sesuai dengan ruang lingkupnya masing-masing [1].

Makna dari teamwork adalah masing-masing tim bekerja dengan rasa penuh hormat dan menghargai antar sesama tim, dengan perpegang teguh kepada pelaksanaan tugas serta tanggung jawab dari setiap anggota tim [2].

Mengapa Teamwork Penting?

Berikut ini beberapa alasan, kenapa teamwork itu penting, diantaranya adalah [3]:

  1. Bekerja dengan tim lebih baik daripada bekerja sendiri
  2. Munculnya berbagai sudut pandang
  3. Peluang didapatkannya ide segar dalam implementasi pekerjaan
  4. Adanya saling mendukung serta meningatkan
  5. Untuk membangun percaya diri

Tujuan Teamwork

Teamwork memiliki tujuan utama agar setiap anggota team dapat berkontribusi dalam memcapai tujuan. Dengan adanya teamwork suatu proses pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dengan adanya teamwork, proses pekerjaan yg kompleks dapat diselesaikan dengan cepat, dan produktifitas masing tim dapat meningkat [4].

Teamwork Skill

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline