Lihat ke Halaman Asli

Ingka Juliasti

MAHASISWI BAHASA DAN SASTRA JEPANG UNIVERSITAS AIRLANGGA

Eksistensi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Tengah Arus Modernisasi di Sektor Pendidikan

Diperbarui: 22 Agustus 2024   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

     Setiap negara yang ada di dunia pastinya memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri, termasuk juga negara yang amat kita cintai dan kita banggakan yaitu negara Indonesia. Indonesia adalah negara yang sangat unik. Keunikan negara Indonesia dapat dilihat dari keberagaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, bahasa, adat istiadat, tradisi, dan kearifan lokal yang ada di Indonesia. Keunikan di Indonesia bukan hanya satu, setiap daerah bahkan memiliki kearifan lokalnya masing-masing.  Dengan adanya keberagaman yang ada di Indonesia hal ini tidak menjadi penyebab bangka Indonesia terpecah belah. Namun dengan adanya keberagaman, masyarakat Indonesia bersikap saling menghargai dan saling toleransi. Hal ini sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

     Kearifan lokal adalah bentuk suatu nilai-nilai budaya yang ada pada masyarakat Indonesia. Kearifan lokal terbentuk dari suatu kebiasaan-kebiasaan dan nilai-nilai yang ada di daerahnya dan telah dilestarikan secara turun-temurun. Kearifan lokal menjadi sebuah ciri khas dari daerah masing-masing. Oleh karena itu kearifan lokal seharusnya diupayakan untuk dilestarikan secara bersama melalui berbagai cara.  Terdapat banyak cara untuk melestarikan kearifan lokal. Mulai dari menjalankan tradisi secara rutin, memahami tradisi, mengenalkan kepada orang lain atau dapat dikenalkan kepada orang asing agar lebih dikenali. Selain itu bisa dilakukan dengan mengajarkan murid-murid melalui pendidikan yang berbasis kearifan lokal.

     Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan metode mengajar yang menerapkan dan mengajarkan murid-murid tentang nilai-nilai,  pandangan hidup, tradisi, kebiasaan-kebiasaan, dan pengetahuan lokal ke dalam kurikulum pendidikan. Yang diajarkan biasanya merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat atau masyarakat daerah yang merupakan bagian dari tradisi yang telah dilestarikan secara turun-temurun.

     Metode pembelajaran pendidikan yang berbasis kearifan lokal ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, memperkuat identitas dari daerah, memperkuat rasa cinta budaya dan tanah air, melestarikan budaya agar tidak hilang seiring perkembangan zaman, membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berintegritas, bermoral, bermartabat, dan kompeten.

     Dengan menerapkan metode pendidikan berbasis kearifan lokal di tengah arus modernisasi di sektor pendidikan merupakan hal yang sangat berguna untuk membentuk karakter anak bangsa. Dengan demikian, pendidikan tidak hanya fokus pada akademis pengetahuan saja, akan tetapi juga pada pembentukan karakter dan pemahaman yang mendalam tentang lingkungan sosial dan budaya tempat murid-murid tinggal dan dapat memastikan bahwa generasi muda memahami dan menghargai warisan budaya mereka. Sehingga budaya yang telah dilestarikan oleh nenek moyang kita tidak akan hilang seiring perkembangan zaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline