Lihat ke Halaman Asli

inggrid ayuwahyuni

Mahasiswa IAIN Jember

Guru Pecinta Drama Korea? Bagaimana dengan Muridnya?

Diperbarui: 7 April 2020   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

"Guru Pecinta Drama Korea? Bagaimana dengan Muridnya?"
Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya pada saat di Sekolah Menengah Atas (SMA). Saya memiliki seorang guru perempuan yang hobinya sama dengan saya, yakni menonton drama korea, bahkan beliau juga suka drama-drama lain seperti jepang, cina dan lainnya. Kita selalu sharing dan berbagi banyak drama di sekolah. Karena  itulah saya menjadi dekat dengan beliau dan saya menjadi mudah untuk bertanya tentang pelajaran ataupun hal lainnya karena kami sudah akrab.

Mungkin kalian baerfikiran bagaimana seorang guru bisa bertukar drama dengan murid? Bukannya bertukar ilmu pelajaran ini malah bertukar drama. Ya, mungkin yang dilakukan saya dengan guru saya tidaklah wajar, tetapi ada sisi positif dari hal tersebut yakni guru menjadi dekat dengan muridnya, disitulah seorang guru dapat menilai dan melihat siapa murid tersebut dan bagaimana cara berfikir murid tersebut. 

begitu juga sebaliknya, murid dapat dekat dengan gurunya dan dapat lebih mudah menanyakan materi pelajaran yang belom dia faham tanpa harus memiliki rasa malu. Seperti yang kita ketahui banyak murid selalu malu untuk bertanya kepada gurunya, bahkan ada yang takut kepada gurunya, dan alhasil murid tidak faham dengan materi yang dijelaskan karena terlalu malu untuk bertanya.


Tetapi dalam hal ini seorang guru juga harus memposisikan dirinya dengan baik, kapan guru harus serius dan kapan guru harus santai, begitu juga sebaliknya dengan murid. Bukan berarti seorang murid harus bertindak sesukanya kepada guru atau tidak menghargai beliau sebagai guru namun,  seorang murid harus tetap memiliki rasa hormat yang tinggi kepada guru. Begitu pula denga guru, harus lebih mengutamakan pelajaran terlebih dahulu daripada yang lainnya.

Bukan hal yang salah kan jika seorang guru bertukar hobi dengan muridnya? Bukankah lebih menarik jika seperti itu, asalkan selalu mengedepankan pelajaran terlebih dahulu.  :) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline