Bogor- Ibu rumi merupakan salah satu pemilik UMKM yang ikut serta menerapkan digital marketing, beliau memiliki usaha rempeyek dengan merek dagang Ara Snack, yang berlokasi di desa Cikarawang, kecamatan Dramaga.
Usaha rempeyek yang sudah dijalani sejak tahun 2014 ini merupakan salah satu sumber penghasilan ibu Rumi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beliau berkata bahwa hambatan dari segi penjualan Sebelum pandemi, beliau sudah memiliki customer tetap di gerai -- gerai IPB, "Kalau sedang pandemi seperti ini, dikarenakan kampus sedang tutup, jadi Ibu tidak mengirim ke gerai -- gerai IPB", ucap Ibu Runi. Selain itu, beliau sebelumnya belum berani untuk memasarkan produknya melalui e-commerce dikarenakan masih khawatir terkait pengiriman mengingat sifat rempeyek yang mudah hancur.
Pada bulan Desember lalu ada sekelompok mahasiswa IPB yang melakukan program yang diadakan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka pendistribusian ilmu dan kewajiban moral.
Nah sejak saat itu bu Rumi sudah mengerti dan menerapkan digital marketing. adanya digital marketing juga menjadikan komunikasi antara produsen, pemasar, dan konsumen atau pembeli menjadi mudah. selain itu, digital marketing memudahkan pelaku bisnis memantau dan menyediakan segala hal yang dibutuhkan oleh calon konsumen.
Mereka dapat pula mencari dan memperoleh informasi mengenai produk cukup dengan cara mengakses internet sehingga dapat memudahkan proses pencarian produk tersebut. Calon pembeli saat ini semakin cerdas dalam membuat sebuah keputusan pembelian berdasarkan apa yang mereka lihat diinternet.
Digital marketing mampu mencakup seluruh pengguna internet di manapun mereka tinggal tanpa ada batasan wilayah maupun waktu. Aplikasi internet yang banyak digunakan dalam pemasaran yaitu media sosial contohnya Twitter, Instagram, Facebook, Telegram, Spotify, Youtube, dan Tiktok
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H