Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah membantu meningkatkan atau mendorong kemajuan ekonomi masyarakat serta meningkatkan ke kreativitasan masyarakat, saat ini para umkm sedang mengembangkan dan menerapkan digital marketing karna mengingat bahwa persaingan yang semakin ketat di era digital ini para umkm harus bisa membranding produknya dan harus menentukan target pasar terlebih dahulu sehingga akan terarah.
Digital marketing itu sendiri merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah brand dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relavan
Media digital yang saat ini sedang dikembangkan dan digunakan oleh para UMKM yakni Instagram dan Tiktok karna Instagram dan tiktok cepat sekali menyebar luaskan konten, terlebih sekarang ini Instagram mempunyai reels yang bisa dilihat oleh siapapun pengguna Instagram dalam lingkup media social dan shopee dalam lingkup e-commerce,dengan mengedepankan betapa pentingnya branding terhadap produk yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan nilai mutu produk dan nilai jual produk UMKM yang bersangkutan. Jadi mungkin memang sangat bagus dan menguntungkan jika UMKM ini menerapkan digital marketing
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H