Inovasi Pelayanan Publik Kota Surabaya
Pelayanan publik merupakan produk birokrasi yang diterima oleh warga pengguna maupun masyarakat secara luas. pelayanan publik dapat didefinisakan sebagai serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh birokrasi untuk memenuhi kebutuhan warga pengguna.
Pada hakikatnya pelayanan publik dilakukan untuk mampu menyediakan pelayanan prima kepada masyarakat dan sebagai wujud bentuk pelaksanaan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat Dalam pelayanan publik, keterlibatan unsur -- unsur masyarakat sipil dan mekanisme pasar selama ini sudah banyak terjadi sehingga praktik governance dalam ranah pelayanan publik sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Ketiga, pelayanan publik melibatkan kepentingan semua unsur governance.
Adaptasi terhadap lingkungan dianggap sebagai kunci kelangsungan hidup organisasi sekaligus sebagai basis keunggulan untuk bersaing Disektor public senantiasa sering mengalami cercahan terkait banyaknya persoalan yang belum teratasi sementara pada saat yang bersamaan tuntutan kebutuhan masyarakat semakin berkembang.
Saat ini pelayanan publik di Indonesia masih berkesan buruk hal ini dapat dilihat dari kekecewaan masyarakat melalui pengaduan atau laporan menyangkut pelayanan publik terhadap instansi maupun lembaga yang mengawasi pelayanan publik. Ada beberapa hal yang membuat pentingnya inovasi disektor publik sebagai berikut :
Teknik manajemen yang menggiring organisasi pada pola rigiditas dan infleksibilitas
Dampak dari inovasi dapat dilihat dari kinerja dan keuntungan organisasi pada level bottomline
Teknik-teknik manajemen yang berfokus pada just-in-time, supply chain management, outsourcing, dan total quality atau business process re-engineering yang dipakai oleh berbagai perusahan medium maupun besar untuk bertahan dan bersaing satu sama lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H