Lihat ke Halaman Asli

Untold Story of Indonesian Nurse in KSA

Diperbarui: 14 Juli 2024   00:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

penerbit lakeisha

     Untold story of indonesian nurse adalah buku yang menceritakan tentang perjuangan perawat indonesia , lulusan lokal berjuang untuk bekerja di KSA, setelah sampai saudi  bagaimana dia berusaha bertahan , beradaptasi di tempat kerja, yang sangat berbeda dari indonesia dari budaya, bahasa, makanan , enviroment. 

      Benar apa yang Pernah saya dengar bahwa"Every beginning is difficult"ya memang tidak  mudah tahun pertama, kedua beradaptasi secara berlahan , belajar sedikit , demi sedikit, berbekal dengan pengalaman  serta keterbatasan bahasa arab dan bahasa inggris ,learning by doing atau belajar sambil jalan,rajin membawa cacatan kecil, rajin bertanya dan cari tahu tentang sekitar sampe akhirnya benar- benar bisa menyesuaikan,alhamdulilah for everythings.

      Bekerja dengan tenaga kerja baik perawat, dokter  atau profesi lainnya dari berbagai negara memang tidak mudah tapi yakin kita bisa,dulu waktu bekerja di indonesia mungkin bekerja hanya berbeda suku, propinsi , bahasa tapi ketika kita bekerja di luar negeri tepatnya saudi arabia tidak sekedar beda propinsi tapi beda negara, bahasa dan culture.

      Tapi selalu saya tanamkan dalam diri saya bahwa segala sesuatunya bisa di pelajari, apalagi di jaman sekarang dengan kemajuan technologi maka dapat memudahkan untuk belajar hal apapun, dimanapun ,tentang apapun dan dengan siapapun.

      Bahkan menurutku di jaman yang serba mudah rasanya sangat di sayangkan jika sampai  kita tidak tahu apa- apa, karena sekarang kita belajar bisa tampa keluar rumah bahkan tampa keluar kamar.

       Dalam bukuku ini juga mengisahkan berapa kejadian yang saya alami selama kerja di KSA sebagai perawat ,pahit dan manisnya, plus minusnya, bagaimana tips dan trik bertahan dan menghadapi rintangan dan masalah selama ini, tidak mudah tapi bukan berarti sulit dan tidak bisa.

       Awal mula saya tertarik bekerja di arab saudi adalah selain karena kita bisa umroh dan berhaji, negara saudi adalah negara yang aman, bebas tax, makanan  di jamin halal, biaya hidup yang terjangkau dan otomastis gaji  yang lebih besar dari negara kita.prosesnya tidak mudah untuk bisa lolos bekerja di KSA ,apalagi di goverment sektor seperti saya sekarang,saat ini saya bekerja di PHC( primary health care) di bawah naungan MOH ( ministry of health KSA) ada beberapa proses yang harus kita lewati,seperti : pada jaman saya ada tes interview, tes tulis,kesehatan dengan User dari MOH, dan ketika semuanya sudah lulus baru kita bisa mendapatkan ticket pesawat  dan visa untuk bisa terbang ke KSA.

       Setelah sampe saudi kita juga ada test lagi namanya test prometric yang harus kita jalani untuk mendapatkan saudi licence ,agar kita bisa meneruskan kontrak kita,atau jika kita selama 3x test tidak lolos maka kita tidak bisa memperpanjang kontrak kita atau siap - siap di pulangkan ke indonesia.

       Tapi semua perjuangan, usaha yang sudah saya lakukan semuanya terbayarkan dengan salary yang saya dapat, fasilitas di tempat kerja yang tersedia, bisa punya kesempatan haji dan umroh,yang tidak kalah penting lagibisa berkarir di dunia international,lulusan lokal tapi karir international masya  Allah tabarakallah.

       Dan ternyata setelah saya jalani bebrapa tahun, kita itu bisa lho sejejar dengan negara lain,baik dari skill dan pengetahuan, adaptasi, bisa bekerja dengan team yang multi nationality,nah setelah membaca tulisan saya ini , kira- kira teman - teman terutama yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan tertari tidak berkarir di luar negeri terutama arab saudi.

      Untuk cerita lengkapnya bagaimana kisahku bisa di baca di bukuku yach yang link pembelianya akan saya share di sini:  https://shopee.co.id/product/186158897/22437226230/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline