Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Menyibak Penyebaran HIV/AIDS di Subang Berdasarkan Proporsi Kasus

Diperbarui: 23 Juni 2024   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: badalo.com.br)

"Penyebab penularan penyakit HIV/AIDS tersebut masih didominasi seks bebas, prostitusi online, dan hubungan sesama jenis atau LGBT. Kaum LGBT di Kabupaten Subang ini telah menyumbangkan 33% kasus HIV/AIDS." Ini ada dalam berita "Jumlah Kasus HIV/AIDS Baru di Subang Terus Meningkat" (mediaindonesia.com, 20/6/2024).

Ada beberapa hal yang tidak akurat dalam kutipan pernyataan di atas, yaitu:

Pertama, 'penularan penyakit HIV/AIDS' tidak benar karena HIV/AIDS bukan penyakit. HIV adalah virus (ini yang menular), sedangkan AIDS adalah kondisi orang-orang yang tertular HIV/AIDS yang secara statistik terjadi antara 5-15 tahun setelah tertular jika tidak menjalani pengobatan dengan obat antiretroviral (ART-antiretroviral theraphy).

Kedua, tidak jelas apa yang dimaksud dengan 'seks bebas' dalam pernyataan itu. Kalau 'seks bebas' dimaksudkan sebagai zina atau hubungan seksual di luar nikah baik dengan pekerja seks komersial (PSK), cewek prostitusi online atau dengan perempuan lain, maka pernyataan itu mitos (anggapan yang salah).

Soalnya, penularan HIV/AIDS melalui hubungan seksual, di dalam dan di luar nikah, terjadi bukan karena sifat hubungan seksual (zina atau hubungan seksual di luar nikah), tapi karena kondisi saat terjadi hubungan seksual yaitu salah satu atau keduanya mengidap HIV/AIDS dan laki-laki tidak memakai kondom. Ini fakta medis!

Maka, bukan 'seks bebas' yang berisiko tinggi jadi media penularan HIV/AIDS, tapi hubungan seksual berisiko yaitu hubungan seksual yang tidak aman, yaitu:

  • hubungan seksual tanpa kondom oleh laki-laki atau perempuan (seks oral, vaginal atau anal), di dalam dan di luar nikah, dengan pasangan yang berganti-ganti yang tidak diketahui status HIV-nya karena bisa saja salah satu dari mereka mengidap HIV/AIDS,
  • hubungan seksual tanpa kondom oleh laki-laki dengan seseorang yang sering ganti-ganti pasangan, seperti PSK dan cewek prostitusi online, yang tidak diketahui status HIV-nya karena bisa saja salah satu dari mereka mengidap HIV/AIDS,
  • hubungan seksual tanpa kondom (seks oral, vaginal atau anal) oleh perempuan dengan gigolo yang tidak diketahui status HIV-nya karena bisa saja salah satu dari mereka mengidap HIV/AIDS
  • hubungan seksual tanpa kondom (seks anal atau seks oral) oleh laki-laki dengan Waria, yang tidak diketahui status HIV-nya karena bisa saja salah satu dari Waria tersebut mengidap HIV/AIDS

Ketiga, pernyataan 'hubungan sesama jenis atau LGBT' ini ngawur karena seks pada lesbian bukan faktor risiko penularan HIV/AIDS. Tidak ada seks penetrasi pada kontak seksual pasangan lesbian.

Baca juga: Kaitkan Lesbian Langsung dengan Penyebaran HIV/AIDS Adalah Hoaks

Dengan 33% kasus HIV/AIDS pada gay di Subang tentulah kabar baik karena mengurangi risiko penularan horizontal kepada perempuan yang pada gilirannya juga menurunkan risiko penularan vertikal HIV/AIDS dari ibu-ke-bayi yang dikandungnya.

Kalau yang 67% kasus HIV/AIDS di Subang ada pada kalangan heteroseksual, nah ini yang baru jadi masalah besar karena mereka jadi mata rantai penyebaran HIV/AIDS secara horizontal, terutama melalui hubungan seksual tanpa kondom di dalam dan di luar nikah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline