Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Mustahil Bisa Nol Kasus HIV/AIDS di Kota Bandung pada Tahun 2030

Diperbarui: 17 Desember 2023   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: r-crio.com)

Catatan: Ternyata pada tahun 2013 Pemkot Bandung sudah sesumbar akan bebas HIV/AIDS pada tahun 2015, tapi fakta menunjukkan sampai HAS 2023 kasus HIV/AIDS tidak hilang dari Kota 'Kembang' Bandung - Mimpi di Siang Bolong Sebut Jawa Barat Bebas AIDS Tahun 2015. Penulis. 

"Hari AIDS Sedunia 2023, Kota Bandung Targetkan Nol Kasus dan Tanpa Stigma" Ini judul berita di bandung.go.id, 2/12/2023.

Di lead disebut: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menekan penyebaran dan penularan HIV/AIDS serta menanggulanginya. Strateginya antara lain dengan melakukan pelacakan cepat, agar penyintas HIV/AIDS terlacak dan segera diobati permanen.

Menemukan kasus yaitu warga yang tertular HIV adalah langkah di hilir yaitu mereka sudah tertular HIV karena perilaku seksual dan nonseksual berisiko.

Bagaimana mungkin bisa nol kasus HIV di Kota Bandung kalau penanggulangannya hanya di hilir yaitu mendeteksi warga yang mengidap HIV/AIDS.

Baca juga: Mengapa Kasus HIV/AIDS di Jawa Barat Paling Banyak di Bekasi dan Bandung?

Biarpun mereka menjalani pengobatan dengan obat antiretroviral (ART) tidak menghentikan insiden infeksi HIV baru di luar warga yang menjalani ART.

Yang terjadi adalah risiko penularan dari warga pengidap HIV/AIDS (Odha-Orang dengan HIV/AIDS) yang menjalani ART rendah. Bahkan, mereka akan menghentikan penularan mulai dari diri mereka seperti yang mereka ucapkan ketika hendak menjalani tes HIV.

Insiden infeksi HIV baru akan terus terjadi di hulu, terutama pada laki-laki dewasa yang melakukan hubungan seksual berisiko yang justru tidak ada program untuk menjangkaunya.

Matriks: Penanggulangan HIV/AIDS di hilir tanpa penjangkauan terhadap pelaku perilaku seksual berisiko di hulu (Foto: Dok Pribadi/Syaiful W. Harahap)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline