Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Ngeri Kali Judul Berita HIV/AIDS Ini

Diperbarui: 6 Mei 2022   19:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: planstreetinc.com)

"17 Ciri HIV AIDS yang Jarang Disadari, Salah Satunya Sering Sariawan" (merdeka.com, 31/3-2022) Judul berita ini menyesatkan!

Pertama, tidak ada ciri-ciri, tanda-tanda atau gejala-gejala yang khas HIV/AIDS,

Kedua, kalaupun ada ciri-ciri, tanda-tanda atau gejala-gejala yang bisa dikaitkan dengan HIV/AIDS tidak otomatis terkait dengan infeksi HIV/AIDS, dan

Ketiga, orang-orang yang perilaku seksualnya berisiko tinggi tertular HIV/AIDS, tapi tidak ada ciri-ciri, tanda-tanda atau gejala-gejala tentu orang itu merasa aman.

Padahal, infeksi HIV/AIDS tidak otomatis menunjukkan ciri-ciri, tanda-tanda atau gejala-gejala serta keluhan kesehatan yang (bisa) dikaitkan dengan infeksi HIV/AIDS.

Ada atau tidak ada ciri-ciri, tanda-tanda atau gejala-gejala yang terkait dengan HIV/AIDS tidak otomatis membuat seseorang dengan perilaku seksual yang berisiko tinggi tertular HIV/AIDS aman dari penularan HIV/AIDS.

Perilaku seksual berisiko tinggi tertular HIV/AIDS, yaitu:

(1) laki-laki atau perempuan dewasa yang pernah atau sering melakukan hubungan seksual tanpa kondom, di dalam dan di luar nikah, dengan pasangan yang berganti-ganti,

(2) laki-laki dewasa yang pernah atau sering melakukan hubungan seksual tanpa kondom, di dalam dan di luar nikah, dengan seorang perempuan yang sering berganti-ganti pasangan, seperti pekerja seks komersial (PSK).

Perlu diketahui bahwa PSK ada dua tipe, yakni:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline