Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Epidemi HIV/AIDS, Justru yang Rawan Itu Perilaku Seksual Seseorang

Diperbarui: 9 Januari 2018   05:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: ChoopersGuide)

"Harjana Nanang Suryadi, Melawan HIV/AIDS di Lokasi Rawan." Ini judul berita di Harian "KOMPAS" (7/12-2017). Dengan menyebut lokasi rawan yang terkait dengan HIV/AIDS informasi kembali ke pemahaman umum di awal epidemi.

Ketika kasus AIDS dipublikasikan di AS pada tahun 1981, semua mata tertuju pada laki-laki gay karena kasus-kasus awal waktu itu terdeteksi pada gay. Padahal, pada waktu yang bersamaan di wilayan timur AS kasus-kasus AIDS juga terdeteksi pada perempuan pekerja seks.

Perkembangan informasi selanjutnya opini publikpun digiring bahwa HIV/AIDS berkecamuk di tempat-tempat pelacuran. Namun, karena informasi HIV/AIDS ketika itu, bahkan sampai sekarang, dibalut dengan norma, moral dan agama maka informasi yang akurat pun digulung mitos (anggapan yang salah).

Padahal, kasus HIV/AIDS pada pekerja seks justru ditularkan oleh laki-laki dengan orientasi seksual sebagai heteroseksual (tertarik paa lawan jenis) yang dalam kehidupan sehari-hari bisa sebagai seorang suami. Selanjutnya ada pula laki-laki yang tertular HIV dari pekerja seks yang mengidap HIV/AIDS yang dalam kehidupan sehari-hari bisa sebagai seorang suami.

Dalam perkembangan selanjutnya laki-laki yang menularkan HIVke pekerja seks dan laki-laki yang tertular HIV dari pekerja seks jadi mata rantai penularan HIV di masyarakat, terutama melalui hubungan seksual tanpa kondom di dalam dan di luar nikah. Kasus-kasus HIV/AIDS yang terdeteksi pada ibu rumah tangga merupakan indikator penyebaran HIV di masyarakat al. dilakukan oleh laki-laki heteroseksual.

Kembali ke berita "KOMPAS" disebutkan: Dialah Harjana Nanang Suryadi, petugas kesehatan yang sering menyamar ketika memantau lokasi-lokasi yang rawan penyebaran HIV/AIDS. Nanang adalah Koordinator Bidang Infeksi Menular Seksual Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau (sekitar 200 kilometer utara Pekanbaru).

Pertama, untuk apa Nanang menyamar? Dalam sebuah wawancara dng alm Prof Dr Parsudi Suparlan di kampus UI, waktu itu di Rawamangun, Jakarta Timur (tahun 1980-an), sekarang jadi UNJ (Universitas Negeri Jakarta), Parsudi mengatakan bahwa tidak ada gunanya menyamar dalam kaitan dengan upaya mendekati suatu komunitas karena mereka mengenal siapa saja yang jadi anggota komunitas mereka. Parsudi punya pengalaman nyata yaitu ketika meneliti gelandangan di Jakarta. Dengan menyamar dia malah tidak diterima di komunitas gelandangan Ibu Kota, tapi setelah dia datang sebabagaiman layaknya peneliti dia pun diterima dengan tangan terbuka.

Kedua, tidak ada lokasi yang rawan (penularan) HIV/AIDS karena HIV adalah virus yang ada di dalam tubuh seseorang yang mengidap HIV/AIDS. Dalam jumlah yang bisa ditularkan HIV ada di darah, air mani cairan vagina, dan air susu ibu (ASI). Maka, selama tidak ada kontak fisik yang bersentuhan dengan cairan-cairan itu tidak ada risiko penularan HIV.

Disebutkan pula: " .... Kompasikut bersama Nanang mendatangi beberapa lokasi rawan penyebaran HIV/AIDS di sepanjang jalan lintas timur Sumatera, wilayah Kabupaten Rokan Hilir."

Pernyataan ini menunjukkan pemahaman Nanang dan wartawan terkait dengan HIV/AIDS sebagai fakta medis sangat rendah. Yang rawan bukan lokasi biar pun ada pelacuran atau transaksi seks, tapi perilaku seksual laki-laki yang melakukan hubungan seksual dengan pekerja seks di lokasi-lokasi itu. Ketika laki-laki melakukan hubungan seksual dengan pekerja seks dengan kondisi tidak memakai kondon, maka laki-laki itu berisiko tertular HIV karena ada kemungkinan pekerja seks tsb. mengidap HIV/AIDS.

Perempuan pekerja seks seperti yang didatangai Nanang dan KOMPAS di lokasi yang mereka sebut rawan itu adalah orang-orang yang berisiko tinggi tertular HIV/AIDS karena mereka sering melakukan hubungan seksual dengan laki-laki yang berganti-ganti dengan kondisi laki-laki tidak memakai kondom. Karena bisa saja salah satu dari laki-laki yang pernah mereka layani mengidap HIV/AIDS sehingga mereka berisiko tertular HIV.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline