Lihat ke Halaman Asli

Sugianto

I am the man who walks alone

Cuma Latihan 10 Menit per Hari, Ini Manfaat Skipping yang Bisa Didapatkan

Diperbarui: 19 April 2021   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Skipping, olahraga yang bermanfaat bagi tubuh. | baianaonews.com

Berusaha rutin berolahraga namun rasa bosan mulai merayap? Ya, pilihan olahraga yang terbatas dan gerakan yang itu-itu saja tentu bisa membuat jemu, apalagi jika hasil yang diharapkan tidak segera tercapai. Jika selama ini jalan kaki, jogging atau bersepeda stasioner jadi rutinitas, coba tambahkan skipping. Biarpun sering dianggap sebagai mainan anak-anak, ternyata manfaat skipping bagi kesehatan tidaklah sepele. 

Salah satu tujuan utama kita perlu olahraga adalah menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan meningkatkan stamina. Nah, karena termasuk di dalam jenis olahraga kardio, maka salah satu manfaat skipping adalah meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler Anda.

Skipping alias lompat tali merupakan latihan kardio yang sangat baik karena melibatkan seluruh tubuh dan juga termasuk latihan kardio intensitas tinggi. Latihan dengan intensitas tinggi terbukti membuat jantung lebih kuat plus mengurangi risiko stroke, sakit jantung dan gangguan pembuluh darah. 

Melompat-lompat bisa meningkatkan jumlah denyut jantung dua sampai tiga kali lebih cepat dibanding olahraga kardio lainnya dan akan tetap tinggi selama Anda melakukan lompat tali. Dengan begitu, manfaat skipping bagi kesehatan kardiovaskuler juga bisa didapat dalam waktu yang lebih singkat dibanding jenis latihan lain.

Kalau hanya ingin menjaga kebugaran dan meningkatkan kesehatan jantung, latihan skipping selama 10 menit per hari dianggap cukup. Gabungkan latihan skipping tersebut dengan 20 menit jogging atau jalan cepat untuk manfaat lebih optimal. 

Bagi yang ingin menurunkan berat badan atau mengurangi kadar lemak tubuh, skipping juga bisa jadi pilhan latihan. Dibanding dengan melakukan jogging selama setengah jam, skipping selama setengah jam akan lebih banyak membakar kalori.

Bagi yang sudah sanggup melakukan latihan skipping selama satu jam, rata-rata kalori yang terbakar bisa mencapai angka 1300. Lakukan lompat tali sebagai bagian dari latihan interval intensitas tinggi untuk mempercepat penurunan kadar lemak tubuh.

Tentu saja kalau mau cepat menurunkan berat badan, olahraga apa pun, termasuk skipping, mesti diiringi dengan diet rendah kalori. 

Manfaat skipping yang lain dan juga bisa Anda dapatkan adalah meningkatnya kemampuan keseimbangan. Lompat tali adalah aktivitas siklis yang harus dilakukan dengan melakukan putaran tetap dan teratur, efeknya adalah kemampuan koordinasi mata, tangan dan kaki akan meningkat. Kemampuan koordinasi anggota tubuh yang meningkat berarti kemampuan keseimbangan juga akan meningkat. Anda jadi lebih lincah dan tidak mudah jatuh. 

Tertarik untuk mencoba? Tentu Anda harus melakukan latihan dengan teknik yang tepat agar dapat merasakan manfaat skipping. Pilih jenis skipping rope yang pas buat Anda dan mulailah berlatih secara perlahan. Untuk teknik dan variasi latihan, Anda bisa melihat berbagai video tutorial dari youtube dan memilih yang cocok dengan tujuan Anda berlatih. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline