Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fadli Fauzan

Fisikawan Muda dan Penggemar Motorsport

Energi Terbarukan, Indonesia Harus Memanfaatkan Energi Nuklir!

Diperbarui: 27 Januari 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi PLTN (https://www.bapeten.go.id/)

Indonesia adalah negara yang memiliki populasi lebih dari 270 juta jiwa, sayangnya hanya beberapa orang saja yang sudah "melek" akan pentingnya nuklir dan sebagian besar masyarakat masih takut akan nuklir. Mengapa itu bisa terjadi? Apa manfaatnya kalau nuklir sudah hadir di depan kita? Sebenarnya apa sih itu nuklir? Mari kita simak bersama!

1. Apa Itu Nuklir?

Ilustrasi Komponen Inti Atom (https://kompas.com/)

Secara sederhana, nuklir adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan inti atom atau nukleus, di mana terjadi proses pemisahan inti atom ataupun penggabungan menjadi inti atom lain. Atom sendiri adalah unit terkecil dari suatu unsur kimia. Atom terdiri dari inti atom yang mengandung partikel bermuatan positif yang disebut proton dan partikel bermuatan netral yang disebut neutron. 

Berdasarkan kajian akademik Universitas Gadjah Mada, nuklir merupakan solusi ramah lingkungan yang berkelanjutan untuk mengejar Indonesia sejahtera dan rendah karbon. Implementasi nuklir sebagai energi terbarukan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan energi sekaligus dapat mencapai target penurunan karbon di masa mendatang.

Berkaitan dengan inti atom, tidak semua inti atom yang bisa menghasilkan efek nuklir yang besar, salah satu yang biasa digunakan adalah Uranium, seperti apa penggabungan atau pemisahan inti atom?

2. Reaksi Fisi dan Reaksi Fusi

Ilustrasi Reaksi Fusi dan Reaksi Fisi (https://kompas.com/)

Reaksi fisi adalah reaksi pemisahan atom dengan inti berat karena ditembak oleh partikel neutron. Reaksi fisi hanya membutuhkan sedikit energi untuk dapat terjadi, energi ini digunakan untuk mempercepat partikel yang ditembakkan. Partikel dipercepat oleh akselelator sehingga memiliki energi yang cukup untuk sampai ke inti atom.

Kebalikan dengan reaksi fisi yang berarti pemecahan, reaksi fusi adalah penyatuan, di mana dua atom bergabung menghasilkan satu atom dengan inti yang lebih berat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline