Lihat ke Halaman Asli

BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

Summarecon Group Apresiasi Kualitas Program JKN Kian Meningkat

Diperbarui: 14 Agustus 2023   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi BPJS Kesehatan

Tigaraksa, Jamkesnews -- Pemerintah bersama BPJS Kesehatan terus berkomitmen dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas layanan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini guna memberikan kepastian dan kemudahan akses kesehatan yang lebih baik dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan turut melibatkan stakeholder dan mitra kerja untuk menyebarluaskan Program JKN, salah satunya melalui sinergi dengan Badan Usaha.

Program JKN memiliki banyak manfaat bagi seluruh masyarakat, salah satunya adalah manfaat pelayanan kesehatan berupa pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pelaksanaan skrining riwayat kesehatan menjadi salah satu upaya promotif dan preventif. Dalam hal ini BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa turut melibatkan Badan Usaha di Wilayah Kabupaten untuk memberikan sosialisasi secara masif dan menggerakkan seluruh karyawan untuk melakukan skrining riwayat kesehatan. Salah satu Badan Usaha yang antusias adalah PT Summarecon Group.

"Manajemen dan saya selaku PIC Badan Usaha tentunya menyambut baik ajakan dari BPJS Kesehatan untuk melakukan skrining riwayat kesehatan. Hal ini merupakan bentuk kegiatan positif kepada seluruh karyawan di perusahaan kami yang seluruhnya juga sudah terdaftar sebagai peserta JKN. Seluruh karyawan sangat antusias dengan adanya pelaksanaan skrining kesehatan ini," ucap PIC Badan Usaha PT Summarecon Group, Sari Dwi Harjanthi kepada Tim Jamkesnews pada Kamis (10/08).

Sari juga menegaskan bahwa pelaksanaan skrining kesehatan ini dapat memberikan gambaran kondisi kesehatan karyawan, khususnya bagi pekerja lapangan seperti tenaga keamanan dan pekerja proyek. Menurutnya, pekerja lapangan lebih rentan terkena penyakit kronis yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat. Sehingga, risiko penyakit tersebut dapat terdeteksi dini melalui pelaksanaan skrining riwayat kesehatan dan pemeriksaan gula darah.

"Tidak hanya pihak manajemen, karyawan pun turut antusias dengan penyelenggaraan skrining riwayat kesehatan. Terutama bagi pekerja di lapangan yang sangat rentan terhadap risiko penyakit kronis. Karena, biasanya mereka sering mengonsumsi makanan dan minuman manis dan berlemak tinggi. Dengan pola makan seperti itu akan memicu timbulnya penyakit. Seperti saat ini, melalui pemeriksaan gula darah setidaknya mereka dapat mengetahui lebih dini akan risiko terkena penyakit diabetes mellitus," kata Sari.

Lebih lanjut, selain program skrining riwayat kesehatan, Sari juga menunjukkan dukungannya akan Program JKN lainnya. Ia juga mengakui bahwa kualitas layanan kesehatan semakin baik. Upaya perbaikan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan semakin terlihat nyata. Begitu juga dengan sinergi yang dibangun oleh BPJS Kesehatan kepada Badan Usaha. Menurutnya, koordinasi semakin berjalan lancar sejak awal bergabungnya Summarecon Group menjadi Badan Usaha di Wilayah Kabupaten Tangerang.

"Saya sangat apresiasi terhadap pelayanan Program JKN yang semakin menunjukkan peningkatan kualitasnya. Begitu juga dengan koordinasi yang telah dibangun sejak tahun 2014 hingga kini. Tentu dalam pelaksanaannya terkadang ada saja ditemukan hambatan. Namun, semua kendala yang kami alami dapat dengan cepat ditangani dan diberikan solusi oleh pihak BPJS Kesehatan. Jadi, pastinya kami juga mau turut serta menggaungkan Program JKN ini terutama bagi seluruh karyawan di perusahaan kami," ungkap Sari.

"Kami berharap ke depannya agar koordinasi yang sudah terjalin baik ini dapat terus meningkat. Manajemen juga akan selalu terbuka untuk menyebarluaskan Program JKN kepada karyawan. Saya pribadi selaku PIC tentunya harus menjadi garda terdepan bagi seluruh karyawan dalam memberikan pemahaman terkait Program JKN. Tentunya kami juga ingin ikut terlibat dalam setiap langkah BPJS Kesehatan untuk terus memberikan sosialisasi Program JKN secara masif kepada masyarakat," tutup Sari (PR/lg)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline