Lihat ke Halaman Asli

BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

Aan: Layanan Non Tatap Muka Mudahkan Peserta Akses JKN

Diperbarui: 7 Februari 2023   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jamkesnews

Kebumen, Jamkesnews -- Guna mengoptimalkan layanan dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan menghadirkan layanan non tatap muka melalui kanal digital. Hadirnya layanan tersebut memberikan kemudahan akses dari yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, tanpa perlu mendatangi Kantor BPJS Kesehatan.


Aan Febriani (22), warga Desa Sawangan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen menjadi salah satu warga yang terbantu dengan kanal layanan digital Program JKN. Awalnya, ia hanya mengetahui Aplikasi Mobile JKN sebagai satu-satunya layanan digital yang dapat digunakan.


"Saya mengetahui dan menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mengecek informasi kepesertaan JKN, perubahan data dan fasilitas kesehatan, serta informasi kesehatan lainnya. Aplikasinya praktis dan mudah digunakan," ujarnya, Jumat (03/02).

Awalnya, Aan merasa khawatir tidak semua masyarakat dapat mengakses Aplikasi Mobile JKN karena keterbatasan keterampilan khususnya para orang tua yang gagap teknologi. Hal ini karena ia belum terinformasi mengenai kanal layanan digital Program JKN lainnya.


"Petugas BPJS Kesehatan lalu menjelaskan bahwa masyarakat dapat menggunakan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). Layanan ini dapat diakses dengan menghubungi nomor 08118165165 pada jam layanan operasional setiap hari kerja," kata Aan.


Di samping itu, peserta JKN juga bisa memanfaatkan layanan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA) jika perlu mengakses layanan administrasi, permintaan informasi dan penyampaian pengaduan. Kanal-kanal layanan non tatap muka tersebut bisa diakses 24 jam.

Aan mengaku puas dengan hadirnya berbagai kanal layanan non tatap muka tersebut. Menurutnya, setiap kanal layanan saling melengkapi dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.


"Saya sendiri lebih sering menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Namun saya merekomedasikan PANDAWA dan Care Center 165 kepada orang tua karena saya merasa lebih mudah dipahami oleh mereka," pungkasnya.

Aan berharap inovasi layanan non tatap muka dapat terus dikembangkan dengan fitur yang lebih lengkap sehingga manfaatnya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat. Ia juga berharap dengan kemudahan layanan ini, masyarakat tidak lagi menunda mengurus administrasi Program JKN.(dw/rt)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline