Lihat ke Halaman Asli

Toba Ethos

www.tobaethos.my.id

Pengertian "Sirabun" dalam Artian Bahasa Batak Toba

Diperbarui: 31 Januari 2022   16:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto ilustrasi pengertian Sirabun | (dok.: Pexels.com/Nothing Ahead)

Mungkin jika Anda yang tinggal lingkungan atau memiliki sahabat suku Batak tentunya pernah mendengar istilah "Sirabun", salah contoh penggunaan kata Sirabun;

- Ucok: Dari mana saja kau Jolma "Sirabun"?

- Sangkot: Kaulah yang Sirabun, Cok!

Keterangan: Jolma memiliki arti orang;

Sedangkan makna kata Sirabun ini bisa diartikan abu dari sisa pembakaran kayu, mungkin kata abu sisa pembakaran tidaklah kasar jika disebutkan. 

Akan tetapi, makna Sirabun dijadikan guyonan karena memiliki arti yang cukup kasar karena abu kayu dari sisa pembakaran tersebut suka di tiduri oleh hewan anjing yang memiliki penyakit kulit atau bisa dikatakan kurap (atau dalam bahasa daerah Batak Toba disebut "daringon") bahasa Sirabun tergolong kasar sebenarnya, dan penggunaan bahasa ini harus pada tempatnya dan jangan asal ucapkan.

Karena pada umumnya ungkapan Sirabun juga bisa dikaitkan dengan hal lain seperti "tidak berguna", alasannya karena abu dari sisa pembakaran pada umumnya tidak begitu berguna meskipun dipercaya bisa menyuburkan tanaman. 

Jadi arti dari kata Sirabun ini bisa berarti "Tidak Berguna", jadi bila ada perna mendengar ada yang memanggil sahabatnya "Jolma Sirabun" bisa di artikan sebagai "Manusia Tidak Berguna".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline