Lihat ke Halaman Asli

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat di Kantor

Diperbarui: 3 Agustus 2015   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengantuk pada saat yang tidak tepat adalah “kesengsaraan” bagi setiap orang. Apalagi saat kerjaan banyak di kantor. Selain pekerjaan tidak dapat selesai dengan cepat, mengantuk juga dapat menimbulkan rasa malu, benar tidak? Karena itu kami akan memberikan tips dan cara untuk mengatasi rasa kantuk saat di kantor. 

Seringkali rasa ngantuk datang saat setelah jam makan siang. Hal ini tentunya sangat menyebalkan, bukan? Tetapi tenang saja! Ini dia caranya agar Anda tidak mengantuk saat di kantor:

1. Tidur lebih awal

Pada malam hari, jangan biasakan untuk begadang. Karena begadang hanya akan membuat Anda mengantuk saat di kantor. Bukan hanya setelah jam makan siang, tetapi juga bisa mengakibatkan Anda mengantuk sepanjang hari. Penuhi kebutuhan tidur Anda di malam hari agar Anda tidak mengantuk saat di kantor.

2. Gerakkan badan

Jika rutinitas kerja kamu duduk berjam-jam di belakang meja sebaiknya harus sering meluangkan waktu sebentar untuk ke pantry, toilet atau ruang rekan kerja. Hal ini membuat kamu relax serta menghindari kantuk akibat jenuh. Lakukan peregangan otot, hal tersebut bisa membuat kamu lebih segar. Kerja pun semangat lagi!!

3. Main game pintar

main game

Pancing otak kamu supaya bekerja, dengan mengisi teka teki silang atau main game lain bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Rasa kantuk pun akan hilang karena kamu fokus bermain game. Tetapi jangan terlalu lama ya… Karena hal itu dapat menimbulkan masalah bagi kalian sendiri..

4. Ngemil dan minum dingin

ngemil

Sedikit ngemil bisa bikin kamu terjaga, apalagi ditambah minuman dingin rasa lemon yang segar.. Whaaaaa… Atau cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi. Pilih cemilan seperti rujak pedas yang otomatis bikin kamu melek, dijamin kantuk hilang. Sudah pernah mencoba?

5. Bernyanyi di kantor

Anda dapat bernyanyi saat di kantor, tapi jangan sampai mengganggu karyawan lain lho ya! Pilihlah lagu yang musiknya membangkitkan semangat Anda. Ikutlah bernyanyi bersamaan dengan alunan musik yang Anda putar tadi.

6. Wangi-wangian

Simpan selalu lotion atau parfum di kantor dengan wangi yang segar. Jika kamu mulai ngantuk, oleskan di pergelangan tangan atau di dekat hidung kemudian hirup maka kamu tidak jadi mengantuk. Tapi, hindari wangi lavender karena aroma tersebut justru menyebabkan kantuk.

7. Tertawa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline