Surakarta - Kamis (7/7) silam, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas 'Aisyiyah Surakarta (AISKA) melaksanakan agenda Ucap Janji dan Stadium General. Kegiatan Ucap janji dan Stadium General terlaksana dengan sangat lancar sesuai dengan susunan acara yang ada pada proposal kegiatan. Ucap janji dan Stadium General dipandu oleh MC, Dita Mirawati, S.Tr, F.Tr., M.Fis. dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an Surat An-Nahl 101-105 oleh mahasiswa Fisioterapi yaitu Hasna Ualia Rosida. Acara selanjutnya adalah Pembacaan Naskah Ucap Janji dipimpin oleh mahasiswa D3 Keperawatan Nur Sahid dan diikuti oleh semua mahasiswa. Dilanjutkan dengan penandatangan naskah ucap janji dan penyematan pin secara virtual dipimpin oleh Dekan FIK, Sri Kustiyati, S.ST., M.Keb.
Dalam sambutannya, Dekan FIK menyampaikan terkait dengan capping day atau ucap janji adalah acara seremonial yang menandakan bahwa mahasiswa telah siap memasuki dunia praktek lapangan baik di rumah sakit, puskesmas ataupun komunitas guna mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan selama pembelajaran. Beliau menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh mahasiswa dengan total 312 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa prodi sarjana keperawatan, prodi sarjana kebidanan, diploma IV fisioterapi dan diploma III keperawatan. Acara ini dilakukan secara online karena memang pandemic Covid 19 belum berakhir. Acara ini adalah langkah awal sebagai bekal mahasiswa memasuki dunia praktek lapangan. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa terbaik 1-3 di masing-masing prodi.
Acara inti dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dimoderatori oleh Norman Wijaya Gati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp. Kep J. Pemaparan materi disampaikan oleh Ari Subagio, S.E., MM selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Penelitian RSUD Dr Moewardi Surakarta, dalam materi beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang tenaga medis harus memiliki 6 rasa yaitu rasa peduli, melayani, memiliki, ramah, bersih, dan antusias. Selain itu sebagai tenaga medis harus mempunyai budaya 5R ringkas, rapi, resik, rawat, rajin, 10 budaya malu, etika berkomunikasi, 7M etika berinteraksi dengan klien dan tentunya memberikan penjelasan terkait budaya berorganisasi.
Setelah pemaparan materi selesai dilajutkan dengan sesi diskusi. Pada saat sesi diskusi, mahasiswa sangat antusias menanyakan materi dan pengalaman yang belum jelas dan belum tersampaikan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara dan dilanjutkan dengan foto bersama dan ditutup oleh MC.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H