Lihat ke Halaman Asli

Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Strategi Pendekaran Saintifik terhadap Peningkatan Proses Belajar di Paud MDC Tuapukan

Diperbarui: 19 Desember 2022   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN PROSES BELAJAR PADA ANAK  USIA DINI DI PAUD MDC KIDS TUAPUKAN

In Emilia J. Luttuh1, Syubhan Annur2

Mahasiswa Program Studi PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

E-mail : inemilialutuh78@gmail.com

Subhan sins@rocketmail.com

 

ABSTRAK

Kurikulum 2013 adalah silabus yang menjadi dasar dalam pendekatan saintifik di PAUD. meskipun dalam implementasinya ada pengajar yang belum sepenuhnya menerapkannya. Lembaga PAUD MDC KIDS adalah salah sekolah
yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan ini.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penerapan pembelajaran saintifik pada anak usia dini di PAUD MDC Kids. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif Data diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, yang sumbernya berdasarkan hasil penelitian di PAUD MDC Kids. Data yang dikumpulkan dilacak menggunakan reduksi data, visualisasi data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menjelaskan pembelajaran ilmiah di PAUD MDC Tuapukan untuk Anak ini meliputi mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar dan berkomunikasi. Pembelajaran saintifik mampu merangsang kreativitas anak, karena anak lebih mandiri, lebih percayadiri, berani berdiskusi dan perasaan ingin mengerti yang kuat   menjadi ciri khas yang nyata.

Kata Kunci: Pembelajaran Saintifik, Keterampilan Ilmiah Guru, Kreativitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline