No.
Jenis permasalahn
Masalah yang diidentifikasi
Analisis identifikasi masalah
1
Pedagogik, literasi, dan numerasi.
Rendahnya motivasi belajar siswa
- Siswa tidak berperan aktif saat proses pembelajaran
- Siswa kurang tertarik berlatih soal secara mandiri atau bersama teman
- Siswa menggunakan handphone dengan tidak bijak
- Siswa bergurau dengan siswa lainnya saat pembelajaran
- Siswa tertidur dikelas saat pembelajaran
- Siswa mencontek jawaban teman ketika mengerjakan tugas
- Siswa tidak mau mencatat materi yang penting
- Siswa asal dalam mengerjakan latihan soal
- Perpustakaan sepi dari kunjungan siswa
2
Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru.
- Siswa kesulitan memahami materi ekonomi bersifat kuantitatif
- Kurangnya media pendukung belajar siswa
- Siswa tidak fokus ketika guru memberikan materi
- Siswa kurang paham dengan materi bersifat kuantitatif seperti fungsi-fungsi dan kurva
- Siswa hanya diam ketika diminta mengerjakan soal di depan kelas
- Siswa tidak tertarik latihan soal berupa fungsi-fungsi dan kurva
3
Membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.
- Hubungan sosial antar siswa yang kurang baik
- Siswa membedakan status sosial antar siswa
- Siswa secara sengaja maupun tidak melakukan perundungan
- Beberapa siswa individualis, sehingga tidak terjalin komunikasi dengan siswa lainnya.
- Siswa yang terlalu aktif yang mendominasi di kelas
- Siswa membuat kelompok teman
- Siswa tidak mau membantu teman yang mengalami kesulitan dalam pemahaman materi belajar
- Terdapat siswa yang suka menyendiri dengan tidak mau bergabung