Lihat ke Halaman Asli

Kosmetik Murah Berbahaya

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Dear all kompasiana reader’s

Beauty atau cantik adalah sebuah kata simpel yang sangat diburu oleh kaum wanita di dunia, semua orang berobsesi untuk terlihat cantik dan menarik kapanpun dan dimanapun. Memang banyak orang mengatakan cantik itu relatif dan tergantung siapa yang melihatnya karena selera orang berbeda – beda. Tetapi cantik kerap kali diidentikan dengan wajah putih, mulus, kencang, cerah dan bersinar serta tubuh yang langsing ideal serta tinggi semampai yang disertai dengan kulit sehat dan cerah. Tetapi kriteria cantik kini juga disempurnakan dengan badan sexy, perut rata payudara besar dan kencang serta bokong yang berisi. Semua orang berobsesi untuk terliaht cantik karena dengan cantik itu mereka bisa mendapatkan beberapa bahkan banyak hal yang mereka sukai. Dengan cantik banyak orang yang akan tertarik pada kita dan dengan cantik akan banyak sekali keuntungan yang di dapat. Misal dalam hal pekerjaan, seorang perusahaan biasanya akan merekrut wanita- wanita dengan tinggi min. 170 berpenampilan menarik dll, apalagi untuk terjun ke dunia entertain cantik itu menjadi modal utama. Tak hanya di bidang entertain, kini perusahaan dalam bidang bisnis baik komersial maupun non komersial akan lebih mengutamakan wanita – wanita yang smart and beauty, dalam hal pertemanan biasanya orang – orang yang cantik akan lebih mudah untuk menjalin relasi, kenapa ? ya tentu karena banyak orang yang ingin dekat dan mempunyai teman yang cantik.

Karena semua wanita bisa gila dengan yang namanya kecantikan berbagai hal untuk menunjang atau berpenampilan menarik akan dilakukan meski mebutuhkan biaya yang sangat mahal. Mulai dari perawatan dokter yang sangat mahal, pembelian baju- baju atau tas guna menunjang penampilan yang harganya tidaklah murah. Seiring banyaknya konsumen yang datang ke klinik kencatikan kini mula menjamur klinik kencantikan, tidak hanya di kota besar saja melainkan sampai menembus kota- kota kecil sekalipun. Harga dan jenis perawatan yang ditawarkan pun bervariasi, ada yang menawarkan produk- produk herbal misal larissa skin center, dan yang terbaru adalah naava green ada juga yang menawarkan kosmetik dengan hasil cepat dan dengan alat- alat yang canggih sebut saja klinik kecantikan LBC,natasha, ercha klinik dan masih banyak yang lain. Mereka menawarkan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah tergantung dari perawatan yang dilakukan, jadi konsumen pun bisa memilih yang sesuai dengan budget yang dimilikinya.

Dengan bangunan yang disetting mewah dan nyaman untuk pengunjung bagi orang yang tidak terbiasa dengan tempat seperti itu akan berpendapat bahwa perawatan disitu mahal dan membuat konsumen takut dengan harga yang mahal sehingga enggan untuk mencoba, mereka ingin tampil cantik dengan harga murah dan waktu yang relatif singkat. Melihat antusias masyarakat yang ingin tampil cantik dengan harga murah dan instan membuat banyak oknum nakal yang membuat kosmetik secara sembarangan. Mereka menggunakan dosis tinggi dan bahan- bahan kimia berbahaya seperti mercury, mereka hanya asal mencampur- campurkan berbagai bahan kimia ke dalam kosmetik yang mereka buat. Kosmetik tersebut tentu sangat lah berbahaya, mungkin memang hasilnya terlihat begitu cepat dan bersih seketika, tetapi dengan bahan kimia yang terlalu banyak akan membuat wajah menjadi rusak dalam waktu 20 hingga 30 th kedepan. Kosmetik ini biasanya mengandung efek kecanduan sehingga konsumen harus terus menerus menggunakannya jika tak ingin wajahnya berubah seperti semula. Efek yang ditimbulkan jika berhenti pemakaian adalah kulit menjadi merah sekali, timbul flek hitam dan jerawat serta muka menjadi kotor dan kulit terlihat tipis. Kosmetik berbahan mercury dengan dosis tinggi biasanya dijual di pasar- pasar tradisional atau di warung abal- abal di sekitar permukiman warga dan harga yang ditawarkan biasanya relatif murah mungkin hanya sekitR 12ribu saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline