Lihat ke Halaman Asli

Upaya Peningkatan Kebersihan Prasarana dan Aktivitas Anak pada RPTRA Berseri oleh Kelompok KKN N2 Universitas Budi Luhur

Diperbarui: 19 Februari 2024   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN N2-DOC /dok. pri

Jakarta, 19 Februari 2024 - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program pengabdian masyarakat dimana mahasiswa akan ditempatkan dilokasi atau daerah tertentu untuk melakukan kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat setempat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Budi Luhur kelompok N2 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Syaiful Anwar, S.Ag, M.M. Kelompok KKN N2 merupakan gabungan 10 mahasiswa dari berbagai Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Budi Luhur, antara lain Fakultas Ilmu Komunikasi & Desain Kreatif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Studi Global, dan Fakultas Teknologi Informasi. Kelompok KKN N2 diketuai oleh Nur Azizah (FEB-Manajemen)

Pembukaan kegiatan KKN Kelompok N2 dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 yang dihadiri oleh perwakilan dari Kelurahan Petukangan Utara, Pengurus RPTRA Berseri dan Dosen Pembimbing Kelompok KKN N2. Dalam kegiatan ini Kelompok N2 berkesempatan untuk memaparkan Program yang akan dilaksanakan di RPTRA berseri. 

KKN N2-DOC/dok. pri

Kelompok KKN N2 melaksanakan kegiatan di RPTRA Berseri yang terletak di Jl. Taman Alfa Indah, kelurahan Petukangan Utara. Dan kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 25 november 2023 sampai dengan 16 desember 2023 dengan mengusung tema "Kebersihan Lingkungan dan Aktivitas Anak". Terdapat beberapa program kerja yang diusung oleh Kelompok KKN N2, antara lain pengecatan ulang area gudang dan wastafel, kegiatan pengalihgunaan gudang menjadi bank sampah sederhana, dan mengadakan kegiatan sosial yaitu lomba memwarnai bersama dengan anak-anak. Kegiatan KKN di RPTRA Berseri berfokus pada kebersihan lingkungan dan aktivitas anak, program ini dikhususkan untuk anak usia 10 sampai 12 untuk mendukung kegiatan anak-anak dalam berkreativitas dan bakat sejak dini.

KKN N2 - DOC/dok. pri

Kegiatan ini Kelompok N2 memisahkan sampah menjadi tiga kelompok yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3. Hal tersebut bertujuan agar terjadinya kebiasaan yang baik di lingkungan RPTRA Berseri dalam mengolah sampah yang benar. Dengan memfasilitasi bank sampah dan juga bertujuan untuk menjaga kesehatan dilingkungan RPTRA Berseri.

KKN N2 - DOC/dok. pri

KKN N2 - DOC/dok. pri

Pada kegiatan mempercantik wastafel, Kelompok KKKN N2 melakukan pengecatan ulang pada area Bank Sampah dan Wastafel, dihias dengan beberapa bunga palsu dan juga gambar gambar yang ditempelkan di dinding sehingga menjadi lebih indah serta diberi sabun cuci tangan. Tujuan dari kegiatan mempercantik westafel ini bertujuan agar warga yang menggunakan fasilitas tersebut menjadi nyaman dan senang dalam menjaga kesehatan dengan mencuci tangan. Seluruh program kegiatan KKN Kelompok N2 dapat terlaksana dengan baik dalam waktu 1 bulan.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline