Lihat ke Halaman Asli

Akhyar

Pejuang Istiqomah

Hamster vs Tikus, Sama Tapi Berbeda

Diperbarui: 12 Januari 2022   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber:  thesprucepets.com 

Siapa yang tidak kenal dengan hamster? 

Seekor hewan pengerat kecil yang menggemaskan dengan bulu halus di seluruh tubuhnya dan tingkahnya yang sangat lincah. Pasti membuat orang merasa gemas melihatnya, tidak sedikit pula yang justru merasa geli. 

Hamster tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat apalagi kalangan pecinta hewan, mengingat saat ini hamster sudah banyak dikembangkan oleh peternak. Peminatnya pun bukan hanya pecinta hewan, termasuk anak kecil, bahkan juga anak kos yang butuh hiburan sekaligus teman.

Hamster sempat mengalami masa kejayaan yaitu pada tahun 2008, sebab berdasarkan kalender China pada tahun itu adalah tahun 'tikus tanah'. Sebab itulah pada tahun tersebut banyak orang Tionghoa yang berlomba-lomba untuk memeliharanya karena dipercaya bisa membawa keberuntungan.

Berbicara mengenai hamster, pasti yang terlintas di pikiran masyarakat awam adalah 'tikus' yang lebih cantik, tidak peduli apa menyebutnya tetap saja pada dasarnya ialah tikus. Bisa dikatakan ini adalah anggapan yang salah besar.

Hamster dan tikus adalah dua pengerat yang berbeda. Meski berasal dari famili yang sama, padahal sebenarnya mereka berbeda. Hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan taksonomi hamster dan tikus sebagai berikut :

Taksonomi Hamster :

Kerajaan              : Animalia

Filum                    : Chordata

Kelas                     : Mamalia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline