Lihat ke Halaman Asli

Indyra Bernicee

Universitas Sebelas Maret

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Sosiologi UNS melalui Proyek 'Kids n Care 4.0' di Kota Surakarta

Diperbarui: 24 Agustus 2024   00:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi kegiatan/dokpri

Surakarta, 1 Juli 2024 - Mahasiswa KKN Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) yang beranggotakan 8 orang mahasiswa, yaitu Arsyad Ardza Taufiqurrahman (D0321020), Indyra Bernice Azhary (D0321050), Jennifer Aisha Fitri (D0321052), Khrisna Nur Falah (D0321054), Maestu Kunma Kukuh (D0321058), Mustika Ayu Dika (D0321068), Revy Ardian Pradana (D0321088), dan Zeta Azerine Kusuma (D0321108). 

Mereka melakukan proyek pengabdian masyarakat dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dari stunting di Surakarta, terutama di daerah Mojosongo. Proyek Kids n Care 4.0 ini berlangsung selama empat minggu, dari tanggal 1 Juli 2024 hingga 30 Juli 2024. Proyek ini didasari Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera. Pada proyek ini selain 8 orang mahasiswa dari Sosiologi juga terdapat sekitar seratus lebih mahasiswa yang bergabung untuk belajar serta melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat.

Kegiatan dalam proyek Kids n Care 4.0 ini mencakup serangkaian agenda yang melibatkan para peserta dalam penguatan pengetahuan mengenai isu-isu stunting di Kota Surakarta dan SDGs, adanya pertemuan dengan pihak terkait di Surakarta yang berfokus pada masalah stunting, serta seminar dan diskusi yang dilakukan dengan para ahli tentang resiko, dampak serta langkah-langkah pencegahan stunting pada anak. Pembicara pembicara terkemuka juga turut andil berkontribusi melalui webinar guna membantu peserta dalam pengembangan ide, pemberian materi yang efektif serta membantu berbicara didepan publik yang dapat menunjang proyek ini agar berjalan sesuai yang diharapkan. 

Selama pelaksanaan proyek berlangsung, peserta juga turut terlibat dalam kegiatan pengajaran atau penyaluran materi secara langsung mengenai stunting di sekolah-sekolah setempat serta di Kelurahan RT/RW maupun posyandu yang berada di Kelurahan Mojosongo dengan kegiatan berupa penyampaian materi, games, dan pemaparan video-video terkait stunting. Peserta juga menyampaikan hasil kerja mereka kepada Internasional Networking dari AIESEC Indonesia dan AIESEC in UNS, sekolah-sekolah seperti SMA Negeri 8 Kota Surakarta serta RT/RW kelurahan Mojosongo dan stakeholder terkait yang merupakan mitra penting dalam pelaksanaan program Kids n Care 4.0. Hasil yang diharapkan dari proyek ini mencangkup pengembangan keterampilan kepemimpinan dari peserta, peningkatan kesadaran pada masyarakat akan SDGs, serta memberikan pemahaman tentang pola hidup sehat dan bahaya dari stunting. 

Dokumentasi kegiatan/dokpri

Serafim Betrani Patricia selaku panitia dari Local Project ini mengatakan jika projek ini akan memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat Surakarta terutama di daerah Kelurahan Mojosongo dalam upaya pencegahan stunting bagi anak-anak yang berada di daerah Kelurahan Mojosongo. Maka dari itu, harapan dari projek ini adalah dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan kesadaran bagi masyarakat akan bahaya dari Stunting dan pentingnya menjaga pola hidup sehat. 

Selain menciptakan dampak positif bagi masyarakat, proyek Kids n Care 4.0 ini juga memberikan peluang yang besar dan berharga bagi peserta dalam mengembangkan skill kepemimpinannya, bekerja dan berkolaborasi secara tim, membangun relasi atau jejaring dengan para ahli di berbagai bidang yang berkaitan serta mengasah kemampuan berbicara didepan umum. Mereka adalah generasi muda yang memiliki dedikasi tinggi, bertekad kuat serta siap berkontribusi secara langsung guna memajukan masyarakat dan negara. 

Selama proyek berlangsung, mahasiswa KKN ini bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti RT/RW, posyandu, dan sekolah di Kelurahan Mojosongo dan berbagai pembicara ahli di berbagai bidang. Mereka banyak mendapat wawasan yang berharga mengenai stunting yang terjadi di Kota Surakarta khususnya pada isu kesehatan dan keberlanjutan dari berbagai perspektif yang akan membantu dalam penyaluran kontribusi kepada masyarakat kedepannya.  

Selain itu, pihak stakeholder juga mengatakan bahwa mereka berharap dengan adanya proyek Kids n Care 4.0 dari mahasiswa KKN ini dapat menjadi acuan dan langkah awal dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sadar dan peka akan isu-isu kesehatan di sekitarnya dan berkomitmen penuh terhadap pembangunan berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kelurahan Mojosongo. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline