Lihat ke Halaman Asli

Indriyani

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia

Kegiatan Bersih Desa Sebagai Implementasi Nilai Pancasila di Desa Kentengsari Bersama UNNES GIAT 5

Diperbarui: 29 Juli 2023   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 

          

            Pada hari Minggu, 15 Juli 2023 kegiatan KKN UNNES GIAT 5 bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan Bersih Desa. Kegiatan Bersih Desa itu dilakukan di Desa Kentengsari Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang oleh Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM UNNES. Dimana dalam hal ini tema yang diusung adalah "Desa Penggerak Pancasila" pada kegiatan KKN UNNES GIAT 5 ini kepada masyarakat Desa Kentengsari.

          Pelaksanaan kegiatan Bersih Desa ini diikuti oleh seluruh masyarakat desa Kentengsari. Di desa kentengsari ini terdapat tiga dusun, diantaranya ada dusun kenteng krajan, kenteng wetan dan larangan. Ketiga dusun tersebut terlibat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Bersih Desa. Kegiatan Bersih Desa ini juga di persiapkan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang Ke-78.

          Kegiatan Bersih Desa ini dilaksanakan dari mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 WIB, yang dikuti oleh tiga dusun sekaligus yang ada di Desa Kentengsari. Kegiatan Bersih Desa dilaksanakan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Para Masyarakat dan karang taruna desa Kentengsari juga berpartisipasi dalam kegiatan Bersih Desa ini. Adapun kegiatan yang dilakukan yakni membersihkan lingkungan sekitar desa, musolah, masjid, serta pemasangan bendera-bendera di setiap rumah untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

img-20230729-wa0014-64c49273633ebc5eb46fd143.jpg

Dokumentasi Pribadi

          Adanya kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai upaya untuk dapat meningkatkan kesadaran masayarakat akan kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengerti dan memahami suatu pengaruh positif dan negatif dari kebersihan lingkungan. Adanya lingkungan yang bersih akan menimbulkan banyak sekali dampak positif yang dirasakan oleh para masyarakatnya. Seperti terhindar dari ancaman-ancaman bencana, terhindar dari wabah ataupun penyakit menular, lingkungan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk di tempati  serta yang terpenting adalah memelihara kerukunan antar warga masyarakatnya.

          Adanya kegiatan Bersih Desa ini dapat meningkatkan memelihara kerukunan antar warga masyarakatanya. Hal ini dikarenakan antar masyarakatnya saling bahu-membahu untuk melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan sekitar. Hal ini selaras dengan sila ketiga dari pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Mereka melaksanakan kegiatan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan tanpa membedakan antara yang satu dan yang lainnya. Sehingga dengan adanya kegiatan Bersih Desa ini merupakan suatu cerminan atau pengimplementasian dari sila pancasila.

Bersama UNNES GIAT, membangun Indonesia dari Desa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline