Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini

Diperbarui: 7 Juni 2024   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada diri setiap anak. Seperti yang kita ketahui seriring dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi, diperlukan suatu sistem pendidikan yang dapat membentuk karakter atau nilai-nilai yang ada pada diri setiap anak.

 Untuk membangun hal tersebut didalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran, serat kemauan pada diri masing-masing anak agar bisa membangun pribadi yang baik pada diri setiap anak. Diperlukan bimbingan kepada anak sejak usia dini agar bisa menjadi manusia yang seutuhnya yang tidak hanya menjadi manusia tetapi juga mempunyai unsur karakter dalam dimensi hati, raga, pikiran serta rasa. 

Ada beberapa contoh sikap yang dapat diterapkan kepada anak usia dini yaitu dengan menanamkan sikap saling menghargai antara sesama, hal itu akan sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter dasar pada diri setiap anak.

Dengan mengajarkan hal-hal yang baik juga dipercayai akan mampu mendidik diri setiap anak untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab terhadap apa yang ada didalam dirinya dan terhadap orang-orang sekitar dan lingkungan hidupnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline