Lihat ke Halaman Asli

Indri Hanifah

Mahasiswi-UIN Jakarta

Yuk, Mari Kita Belajar Mengenai Tulisan Pendek dengan Baik dan Benar dalam Bahasa Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2023   00:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

       Nah, sebelum Saya Membahas lebih lanjut lagi nihh,  Teman-teman harus tau dulu, Apa sihh Pengertian dari Tulisan Pendek itu sendiri?

       Yukk, mari kita Bahasss!!
Baik, Pengertian dari Tulisan Pendek itu sendiri adalah Tulisan yang hanya berisi satu halaman saja. Tulisan Pendek ini bisa disebut dengan Cerita Pendek yang memiliki pengertian ialah Kisahan atau Cerita Pendek yang kurang dari 10.000 kata dengan memberikan kesan tunggal yang dominan danjuga memusat pada satu tokoh dalam satu situasi tersebut.

       Terdapat pula Unsur-unsur Pembangun dari Cerita Pendek itu sendiri, yaitu:
1) Unsur Ekstrinsik: Pengertian dari Unsur ekstrinsik itu sendiri adalah Unsur yang berada di luar suatu karya fiksi yang mempengaruhi lahirnya sebuah karya, namun tidak menjadi bagian dari dalam karya fiksi itu sendiri.
2) Unsur Intrinsik: Pengertian dari unsur intrinsik itu sendiri merupakan unsur sebuah pembangunan karya sastra yang asalnya dari dalam karya itu sendiri. Unsur-unsur intrinsik yang dimaksud ini mencakup tentang sebuah tema, latar, tokoh, penokohan, alur, sudut pandang, dan amanat.

       Terdapat juga beberapa sebuah karya yang bisa disebut dengan Tulisan Pendek, yaitu sebagai berikut:
1. Esai: Pengertian dari Esai itu sendiri adalah Sebuah Tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf dengan membicarakan suatu topik dari sudut pandang para penulis.
2. Artikel: sedangkan, Pengertian dari Artikel itu sendiri adalah Sebuah karya tulis yang dimana menyajikan ide-ide dan juga fakta-fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur para pembaca. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline