Lihat ke Halaman Asli

Indri Awalia Sefiani

Akun resmi Indri Awalia SefianišŸ•ŠšŸ’–

Dampak Handphone bagi Anak di Bawah Umur

Diperbarui: 23 Mei 2021 Ā  19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Handphone adalah suatu alat telekomunikasi yang salah satu fungsinya adalah untuk berkomunikasi ataupun mengirimkan pesan singkat. Pada era sekarang hampir semua orang mempunyai alat komunikasi tersebut, anggapannya bahwa seseorang tidak memiliki handphone maka termasuk seseorang yang ketinggalan zaman. Kecanggihan dari handphone sendiri bisa menghubungkan individu yang satu dengan individu yang lain dalam keadaan jarak jauh. Namun tanpa disadari bahwasanya handphone memiliki banyak dampak, baik dampak negatif maupun dampak positif. Pesatnya teknologi pada masa sekarang terutama alat komunikasi ini sangat membuat seseorang merasa kecanduan tidak hanya bagi orang dewasa tetapi sekarang sudah Ā menguasai anak dibawah umur. Namun, dampak negatif dari handphone sendiri lebih dominan dirasakan oleh anak di bawah umur, Padahal pada kenyataannya anak dibawah umur sangat mudah dipengaruhi oleh adanya handphone.

Banyak sekali dampak negatif handphone dan sangat dirasakan oleh anak dibawah umur contohnya yaitu :

1. Gangguan pada mata

Anak-anak yang masih dibawah umur banyak sekali yang sudah kecanduan handphone maka dampaknya adalah pada mata si anak tersebut karena mata akan diajak bekerja terus-menerus untuk menatap layar handphone dan yang akan terjadi mata tersebut akan merasa kelelahan, mata merasa kering dan gangguan pada mata yang lainnya.

2. Kurang tidur

Untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan si kecil maka diperlukan waktu tidur yang sangat cukup. Namun kenyataannya jika si kecil sudah mulai kecanduan handphone maka waktu tidur nya akan terhambat. Apabila si kecil tidur dengan waktu yang kurang maka perkembangan otak akan bekerja tidak optimal karena dengan tidur otak akan bekerja lebih optimal pada anak dibawah umur.

3. Timbulnya sifat ketergantungan

Dampak negatif handphone bagi anak dibawah umur selanjutnya adalah timbulnya sifat ketergantungan. Ketika seorang anak terlalu sering bermain handphone maka dengan sendirinya akan muncul sifat ketergantungan pada diri mereka masing-masing. Hal ini tidak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan fisik serta motorik dari anak tersebut. Misalnya karena adanya handphone maka anak enggan keluar rumah serta berinteraksi dengan orang disekitarnya.

4. Mengalami radiasi

Jika seorang anak terlalu lama dalam menggunakan handphone maka kemungkinan besar akan mengalami radiasi. Seorang anak yang masih dibawah umur lebih sensitif terhadap radiasi karena Ā otak dan sistem imun yang masih dalam tahap berkembang sehingga risiko mengalami masalah dari radiasi gadget lebih besar dari seseorang yang sudah dewasa.

Upaya pencegahan penggunaan handphone bagi anak dibawah umur salah satunya adalah peran orang tua di dalamnya. Orang tua juga selalu membatasi serta memberikan pengawasan yang ketat dalam penggunaan handphone pada anak-anak. Memang biasanya memberikan handphone pada anak-anak merupakan jalan pintas agar anak bisa diam sehingga orang tua tidak perlu menjaganya. Namun setelah mengetahui beberapa dampak negatif dari penggunaan handphone bagi anak dibawah umur mestinya orang tua tidak ingin membiarkan proses tumbuh dan berkembang anaknya terganggu oleh paparan teknologi yang berlebihan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline