Lihat ke Halaman Asli

Indriati Husain

Dosen Universitas Negeri Gorontalo

MBKM Terintegrasi KKN Gabungan Tiga Jurusan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

Diperbarui: 27 Januari 2024   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 2023

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang terintegrasi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri Fakultas Pertanian sebanyak 20 SKS, diikuti oleh gabungan tiga jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (UNG), yaitu Jurusan Agroteknologi, Peternakan dan Ilmu Teknologi Pangan (ITP) dengan jumlah mahasiswa sebanyak 10 orang. Program dilaksanakan dengan mitra pemerintah dan masyarakat Desa Wonggahu, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo selama 4 bulan, bulan Agustus hingga Desember tahun 2023. Waktu ini sejalan dengan kegiatan akademik universitas pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Program ini juga dikendalikan dan didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Matching Fund Kedaireka 2023 dalam skema Pengabdian pada Masyarakat dengan tema Membangun Desa.

Program MBKM terintegrasi KKN ini di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Dr. Indriati Husain, SP MSi, Dr. Ir. Syamsul Bahri, MP dan Marleni Limonu, SP MSi. Kegiatan dilaksanakan dengan mengkonversi matakuliah yang ada di kurikulum kampus merdeka dengan kegiatan yang ada di lapangan. Untuk kegiatan KKN itu sendiri dilaksanakan atas kegiatan inti dan kegiatan tambahan sebanyak 4 SKS dan 16 SKS lainnya merupakan konversi matakuliah yang diprogramkan oleh mahasiswa dalam rencana studi mereka dalam semester berjalan.

Kegiatan-kegiatan yang mencakup konversi khusus matakuliah KKN yang dilaksanakan selama waktu tersebut dalam skema pengabdian pada masyarakat, pertama, Program Inti, yaitu: 1) Pelatihan pembuatan pupuk organik cair berbahan dasar urin sapi. 2) Pelatihan pembuatan pupuk organik padat berbahan dasar kotoran sapi. 3) Pelatihan pembuatan Snack Tortila. 4) Pelatihan pembuatan pakan komplit. Kedua, Program tambahan, yaitu pelatihan pembuatan saus tomat dan bakso, serta turnamen sepak bola. Program MBKM terintegrasi KKN Alhamdulillah sukses dilaksanakan dan diakhiri dengan penarikan para mahasiswa dari lokasi tersebut oleh DPL pada tanggal 6 Desember 2023.

Dokumentasi Pribadi 2023

Dokumentasi Pribadi 2023

Dokumentasi Pribadi 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline