Lihat ke Halaman Asli

Indria Salim

TERVERIFIKASI

Freelance Writer

Cintailah Produk Indonesia dengan Memilikinya

Diperbarui: 19 Desember 2017   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Kini saatnya kita melek keunggulan produk negeri sendiri. Kalau sudah melek, kita kenali, cintai, dan miliki. Lupakan paradigma jadul, "Mencintai tidak harus memiliki."

Di zaman now, Sekjen Kemenperin Haris memotivasi kita untuk mengubah mindset ini.

Jadinya, "Cintailah produk lokal dengan memilikinya, memakainya dan dengan membelinya".

Mas Arif Haryanto sedikit beda inspirasinya, bahwa produsen perlu perhatikan 3 hal pokok: branding, QC, dan design. Selain itu, produk yang berkualitas, brandingnya kuat akan meningkatkan kebanggaan anak bangsa.

Saya sih setuju dengan semua motivasi itu.

Ok, lantas apa yang kita sebagai warga gen milenial dan gen Z lakukan?

Ya itu tadi, berpikir positif tentang negeri ini, dan itu termasuk produk negeri ini.

Caranya? Gemakan, promosikan, jadilah konsumen setia juga.

Itu kuncinya.

Ada pepatah ono rego ono rupo. Artinya, harga sejatinya idealnya merujuk kepada kualitas. Namun nyatanya itu tidak selalu tepat. Belum lagi persepsi dan paradigma orang kita sendiri, yang maaf saja, kadang lebih bangga dengan merek atau produk luar.

Kadang beli barang second hand atau bekas pakai gak masalah, tapi khan merek luar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline