Lihat ke Halaman Asli

Indria Salim

TERVERIFIKASI

Freelance Writer

Optimalisasi Manfaat dan Kemudahan Layanan Kesehatan dengan Mobile JKN-KIS

Diperbarui: 2 Oktober 2017   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para Pembicara dari BPJS Kesehatan |Dokpri

BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi mobile JKN pada tanggal 17 Juli 2017 (soft launch). Aplikasi tersebut bertujuan untuk mempermudah akses data bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di seluruh Indonesia.

Latar Belakang peluncuran aplikasi ini, berdasarkan evaluasi salah satu indikator 2016, ketika customer survey index indikator target 79%, 78,6%. Sedangkan Faskes: targetnya adalah 77% -- dan pencapaiannya sebesar 76,7%. Dari sini BPJS Kesehatan melihat perlunya IT bisa mendukung itu semua.

Maka dibuatlah suatu sistem yang dapat mendukung pencapaian tadi. Dalam pengembangannya, melalui SK Direktur TI tahun2016 -- diluncurkanlah Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Mobile JKN dibuat dalam 5 sasaran manfaat:

1.Mudah melakukan pendaftaran. Juga mengubah data pribadi atau melakukan pengkinian data, mengubah kelas, dsb. Hal ini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

2.Peserta mudah mendapatkan akses informasi tentang kepesertaan.

3.Informasi tagihan, harus bayar berapa, tahun ke berapa. 

4.Kemudahan untuk mendapatkan pelayananan di Faskes.

5.Masyarakat dimudahkan dalam menyampaikan keluhan, meskipun ada fasilitas 1500400.

Selain itu, fasilitas fitur sedang dalam pengembangan. Salah satu kemudahan lamngsung terhubung dng 1500400. Otomatis terhubung 24 jam. Sebelum menjadi peserta sampai menjadi peserta.

1.Mendapatkan info ttg JKN. Bagaimana penduduk Indonesia blm jadi peserta. Maka aplikasi JKN bukan hanya untuk peserta tapi seluruh penduduk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline