Lihat ke Halaman Asli

Momentum Kebangkitan Ekonomi Lokal: Peluncuran Media E-Commerce dan Produk Inovasi UMKM Dusun Keboan Kelurahan Mandan

Diperbarui: 16 Agustus 2024   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi/KKN Mandan

Pada upaya peningkatan ekonomi lokal dan mendukung pengembangan Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) dusun Keboan, Kelurahan Mandan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Tm II KKN Undip merealisasikan program pendampingan dalam peluncuran produk dan media E-commerce UMKM dari ibu-ibu PKK Dusun Keboan, Kelurahan Mandan.

Menjawab aspirasi masyarakat Dusun Keboan mengenai pengembangan ekonomi lokal dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) secara berkelanjutan, mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Mandan berkomitmen penuh untuk melakukan pencerdasan dan pendampingan secara eksklusif bersama perangkat Kelurahan Mandan dan ibu-ibu PKK Dusun Keboan.

Dusun Keboan memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan aspek keterbukaan terhadap hal-hal baru serta antusiasme dalam berperan aktif dalam upaya ketahanan pangan dan ketersediaan akses membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Maka sesuai dengan poin 9 Sustainable Development Goals (SDGs) tentang promosi indrustrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta mendorong inovasi, mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Mandan turut berkontribusi penuh dalam upaya tersebut baik secara teoritik (pencerdasan)  maupun praktik (pendampingan).

Melalui kolaborasi disiplin ilmu antara program studi Kesehatan Masyarakat, Administrasi Bisnis, Akuntansi, Hukum, dan Sastra Indonesia, mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Mandan melakukan sharing session dan diskusi terbuka melalui pemaparan materi mengenai hygiene dan sanitasi makanan, platform promosi dan labeling, pembukuan, sertifikasi halal, dan periklanan produk.

Setelah program pencerdasan dan perancangan produk terealisasikan maka dilakukan praktik  penerapan materi secara langsung. Mulai dari pemilihan bahan dan kebersihan alat, lingkungan kerja, dan tenaga kerja hingga penerapan proses labeling dan peluncuran platform E-commerce. Tidak hanya itu, mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Mandan bersama ibu-ibu PKK Dusun Keboan telah meluncurkan produk basic yakni keripik pisang, peyek, kremes, dan brambang goreng.

Selain memiliki produk unggulan, seiring berjalannya waktu diharapkan UMKM ibu-ibu PKK Dusun Keboan dapat mengembangkan produk-produk lainnya. Salah satu inovasi yang diaspirasikan adalah peyek kembang goyang, sebuah perkawinan konsep antara adonan peyek yang dimodifikasi dengan penambahan tepung ketan lalu digoreng dengan teknik yang memvisualisasikan kembang goyang. 

Secara utuh produk UMKM Dusun Keboan Kelurahan Mandan lahir dengan nama Snack Kita (Kriuk Istimewa dari Tanah Keboan). Konsep ini tersusun dari produk-produk UMKM yakni aneka keripik dan makanan ringan yang diberdayakan dari Sumber Daya Alam masyarakat Dusun Keboan. Hal tersebut mempengaruhi konsep periklanan Snack Kita yang berbasis website dengan menonjolkan ciri khas lokal. Tidak hanya itu, Snack Kita juga memiliki sistem operasional terstruktur dengan pencatatan yang akuntabel  dan sedang dalam proses sertifikasi halal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline