Emina sebagai salah satu brand kecantikan dan skincare yang udah berdiri sejak tahun 2015 dan berhasil jadi "Top 5 The Most Conversed about Brand, ternyata menerapkan strategi STP pada promosi produk, mereka loh!
Jadi sebenarnya, STP itu apa sih?
STP adalah salah satu strategi promosi yang bisa dimanfaatkan buat lebih bikin pelanggan kenal sama brand kamu.
Strategi STP ini dibagi dalam 3 bagian yang bisa maksimalin promosi produk, yuk kita bahas satu-satu bagian dari STP ini lewat champaign dan promosi Emina, ya!
1. Segmenting atau lebih jelasnya dikenal sebagai strategi yang bantu brand buat membagi pasar pembeli mereka berdasarkan kebutuhannya. Segmenting ini dibagi jadi tiga bagian lagi, yaitu demografi, perilaku, dan psikografis.
Brand Emina sendiri udah nerapin strategi ini di berbagai media sosial mereka, terutama di media sosial TikTok, tempat anak-anak muda menghabiskan waktu sekarang. Jadi, bisa dibilang Emina sudah sukses nih menempatkan promosi digital mereka, apalagi TikTok lagi rame-ramenya!
Di segmenting ini Emina berhasil mencapai target pelanggan yang tepat sesuai dengan tempat produk ini berkembang, yaitu para anak-anak muda dengan berbagai skin tone dengan harga yang murah meriah!
2. Targetting atau strategi yang bisa dipakai buat lebih mempersempit target pasar mereka, gunanya biar sebuah produk bisa tentuin bagaimana produksi dan service yang akan mereka kasih ke para pelanggan.
Emina berhasil membangun image brande yang cute, playful, dan chic. Nah, dengan begitu target pasar Emina jadi semakin jelas, kalau mereka emang ngincer para cewek-cewek muda yang selalu ceria tiap hari.
3. Positioning, nah terakhir nih strategi yang tujuannya buat bangun kepercayaan pelanggan terhadap produk kamu.