Lihat ke Halaman Asli

Indri Andira

Percaya Diri

Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Bumbu Dapur

Diperbarui: 16 Juli 2021   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Depok -- Di masa pandemi Covid-19 imunitas tubuh merupakan hal yang penting yang harus dijaga agar terhindar tubuh dari berbagai virus. Selain menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksin, imunitas tubuh juga dapat kita jaga dan kita tingkatkan dengan minuman herbal yang dapat kita buat di rumah dan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita temukan pada bumbu dapur.

Berikut bumbu dapur yang dapat dijadikan minuman herbal dan memiliki banyak manfaat :

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi nyeri haid, menurunkan berat badan, meredakan batuk, dan dapat menghangatkan tubuh. Dilansir dari hallosehat.com jahe memiliki kandungan gingerol, flavonoid, agen antibakteri, agen antiperadangan, dan lain sebagiannya yang memberikan efek positif untuk kesehatan, terutama mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Maka dari itu, jahe dapat kita olah menjadi minuman herbal, yaitu wedang jahe. Caranya, cuci jahe hingga bersih, lalu parut jahe yang sudah dicuci, siapkan air dan tambahkan jahe yang sudah dihaluskan, rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring rebusan air jahe, agar rempahan jahe halus tidak ikut tercampur air, dan wedang jahe siap disajikan.

2. Sereh

Sereh memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dalam sereh adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Sereh juga dapat menjadi bahan tambahan pembuatan minuman herbal yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Caranya, kita dapat campurkan jahe, sereh, dan gula merah pada air, lalu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, saring bahan-bahan tersebut hingga menyisakan airnya, dan siap untuk dikonsumsi. Akan tetapi, minuman herbal ini tidak boleh dikonsumsi setiap hari karena memiliki efek samping pusing. Hal ini dikarenakan jahe dan sereh memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur untuk menambah cita rasa pada masakan. Akan tetapi, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mampu meningkatkan akivitas produksi sel darah putih. Kandungan antioksidan dalam bawang putih juga mampu menangkal radikal bebas.

Maka dari itu, bawang putih dapat dikonsumsi satu suing setiap hari. Bawang putih yang digunakan adalah bawang putih pada umumnya atau dapat menggunakan bawang putih tunggal.

Imunitas tubuh tidak hanya dapat ditingkatkan dengan minuman herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti bumbu dapur. Tetapi, kita juga harus mengimbanginya dengan makan-makanan yang bergizi, minum air putih minimal 8 gelas sehari, dan rajin berolahraga. Dengan demikian, tubuh menjadi sehat dan imunitas tubuh terus meningkat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline