Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Kita Membahas Mengenai Isu Kesenjangan Gender!

Diperbarui: 11 Mei 2024   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pri

Membahas mengenai permasalahan gender, rasa-rasanya tidak akan habis dan terselesaikan dengan cepat dan tepat. Dimana kesenjangan gender merupakan suatu isu permasalahan yang masih banyak terjadi kehidupan sehari-hari, baik itu di dalam maupun luar negeri. Meskipun pada saat ini sudah adanya kemajuan yang cukup pesat dalam mewujudkan kesetaraan Gender. Akan tetapi, isu-isu yang muncul tidak serta merta dapat diselesaikan dengan begitu saja. Umumnya jika kita membahas mengenai kesenjangan gender, maka seringkali kita mendengar ketidakadilan terhadap perempuan. Sehingga kesan kita ketika mrmbahas isu ini adalah tentang perempuan saja, padahal tidak jarang banyak juga laki-laki yang menjadi korban dari bentuk ketidakadilan gender.

Banyak contoh kasus yang terjadi akibat dari kesenjangan gender. Diantaranya berupa deskriminasi, beban ganda, hingga yang paling terlihat adalah sistem patriarki. Tentunya beberapa contoh kesenjangan Gender tadi hanya sepersekian kasus saja dan paling sering terjadi. Adanya isu-isu tersebut dapat dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Misalnya ialah karena sudah diterapkan secara turun-temurun dari suatu keluarga.

Dari banyaknya kasus kesenjangan gender yang terjadi tentunya kita tidak dapat menganggap hal tersebut sebagai suatu masalah yang sepele. Isu kesenjangan gender perlu diperhatikan karena dapat berdampak buruk pada pemerolehan hak dari individu. Sehingga kesenjangan gender dapat diminimalisir dan tidak merugikan berbagai pihak. Selain itu, dengan kita turut andil dalam mempelajari mengenai gender kita juga dapat sedikit membantu mewujudkan hak yang dimiliki dari setiap individu dalam kesetaraan gender. Dengan memiliki ilmu mengenai Gender, setidaknya kita dapat mencegah terjadinya kesenjangan Gender mulai dari diri kita sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami konsep Gender dan mempelajari mengenai isu-isunya demi mewujudkan keadilandan kesetaraan Gender.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline