Lihat ke Halaman Asli

Hal Baru, Kegagalan dan Belajar

Diperbarui: 9 Oktober 2024   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Via mutiarapackaging.com

Dalam kehidupan, kita tidak akan terhindar dari yang namanya hal-hal baru yang mungkin belum pernah kita rasakan, mulai dari hal-hal baik hingga hal-hal yang kurang baik, semuanya pasti akan kita rasakan. 

Termasuk dalam hal pendewasaan diri, kita sebagai manusia pasti ada kalanya merasakan bingung tentang bagaimana langkah kita ke depannya agar terhindar dari keputusan yang salah, setiap manusia pasti ingin terhindar dari kegagalan, kesalahan dan itu memang manusiawi kita khawatirkan dalam mencoba atau melakukan hal-hal baru, tapi kita juga harus ingat bahwa tidak ada keberhasilan tanpa usaha-usaha yang dilakukan, kegagalan-kegagalan yang dilewati dan konsistensi dalam menjalankan nya.

Dengan umur yang baru menginjak Remaja, tidak ada salahnya untuk merasakan kegagalan, karena Remaja masih berusaha untuk mencari jati dirinya, mencoba berbagai hal, dan tidak ada salahnya juga ketika kita merasakan kegagalan, karena hal tersebut tidak terpisahkan dari proses kita dalam hal apa pun, kegagalan akan kita rasakan, coba tanyakan pada diri kalian sendiri, apa yang kalian takutkan dalam mencoba hal-hal baru? Pasti tidak akan jauh dari takut, mulai dari takut gagal, takut tidak nyaman dan lain-lain.

Walaupun benar kegagalan merupakan hal yang ingin kita hindari, tapi harus kita sadari juga bahwa kegagalan bukan merupakan akhir dari segalanya, malah kegagalan merupakan langkah awal yang baik dari segala usaha yang kita lakukan, karena dari kehidupan kita tidak jauh dari kata kegagalan, semasa kita masih jadi seorang bayi yang sedang belajar untuk berjalan, apakah kita langsung bisa berjalan? Tentu tidak, ada saatnya kita terjatuh, terluka, bahkan hingga menangis. 

Tapi memang itu semua harus kita lewati untuk belajar dari kesalahan yang kita buat sebelumnya, ditambah kita hidup tidak akan jauh dari yang namanya "Belajar" dalam hal apa pun itu.

Jika kamu merasa takut untuk gagal atau tidak berhasil, maka coba sebutkan siapa orang didunia ini yang tidak pernah merasakan namanya kegagalan dan ke tidak berhasilan dalam hal yang mereka jalani? Tidak ada 1 orang pun yang belum pernah merasakan kegagalan atau ke tidak berhasilan, namun hanya sebagian orang saja yang memiliki semangat untuk belajar dari kesalahan atas kegagalan sebelumnya untuk di perbaiki dalam usaha yang mereka lakukan selanjutnya, dan bangkit dari kegagalan yang pernah mereka rasakan. 

Mereka tidak menyerah atas kegagalan yang mereka rasakan, bahkan mereka jadi lebih tertantang untuk bisa lebih baik lagi, walaupun memang pada kenyataannya tidak semudah itu kita bangkit dari kegagalan yang pernah kita rasakan tapi kita juga harus sadar bahwa banyak sekali orang-orang yang berhasil karena mereka mindset yang selalu positif akan situasi yang mereka hadapi, tapi tidak lupa dibarengi dengan belajar agar kekurangan dan kegagalan sebelumnya bisa kita perbaiki.

Sekarang pikirkan, kalian ingin menjadi yang mana? Merasakan kegagalan langsung menyerah, atau merasakan kegagalan tapi kalian belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kalian buat untuk diterapkan di kesempatan yang lain?

Maka dari itu, jika kalian ingin mencoba hal-hal baru, keluar dari zona nyaman kalian dan hal-hal lainnya, "Just Do It" lakukanlah selagi kalian mau, karena kesempatan tidak akan datang 2 kali kepada kalian, tidak akan ada waktu yang tepat untuk memulai sesuatu, tapi buatlah waktu yang tepat untuk memulai. Kegagalan bukan merupakan akhir dari sebuah usaha, tapi kegagalan merupakan langkah awal kita agar lebih bijak lagi ke depannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline