Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lebih Dekat Public Relations

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Apa sih PR itu?

1.PR adalah suatu proses strategis antara Organisasi dan masyarakat

2.PR merupakan fungsi manajemen riset yang berhubungan saling menguntungkan kepada masyarakat

Public yaitu mereka yang mempunyai kepentingan

Relation yaitu jalinan antara kedua belah pihak atau lebih yang saling membutuhkan dan saling menguntungkan.

Fungsi manajemen Public Relations meliputi Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (organizing), Penyusunan formasi (staffing), Memimpin (Leading), Pengawasan (Controlling).

1.Perencanaan (Planing)

Meliputi penetapan tujuan, standar, penentuan, aturan dan prosedur, pembuatan rencana serta prediksi apa yang terjadi.

2.Pengorganisasian (Organizing)

Meliputi pemberian tugas terpisah kepada masing-masing pihak, membentuk bagian, mendelegasikan dan menetapkan system komunikasi, serta mengkoordinir kerja setiap karyawan dalam satu tim yang solid dan terorganisir.

3.Penyusunan formasi (Staffing)

Menentukan persyaratan personel yang akan dipekerjakan, merekrut calon karyawan, menentukan job description dan persyaratan teknis suatu pekerjaan, melakukan penilaian dan pelatihan termasuk didalamnya pengembangan kualitas dan kuantitas karyawan sebagai acuan untuk penyusunan setiap fungsi dalam manajemen organisasi.

4.Memimpin (Leading)

Membuat orang lain melaksanakan tugasnya, mendorong dan memotivasi bawahan, serta menciptakan iklim atau Susana pekerjaan yang kondusif – khususnya dalam metode komunikasi dari atas ke bawahan dan sebaliknya, sehingga timbul saling kepercayaan yang baik.

5.Pengawasan (controlling)

Persiapan suatu standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik berbentuk produk maupun jasa yang diberikan sebuah perusahaan atau organisasi dalam upaya penyampaian maksud dan tujuan serta terciptanya citra yang positif.

Tujuan PR sebagai fungsi manajemen

1.Mengevaluasi sikap dan opini public

2.Mengidentifikasi serta menyesuaikan kebijakan-kebijakan organisasi dengan kepentingan public

3.Merencanakan serta melaksanakan program-program atau kegiatan kehumasan agar organisasi dapat mencapai kesuksesan.

Sumber : Waktu mata kuliah Dasar-dasar PR Dosen UMM Frida kusumastuti S.Ikom.M.A

Cuplikan dari buku Public Realations 2.0 Karangan Wahidin Saputra & Rulli Nasrullah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline