Apa yang di maksud dengan pengelolaan?
Pengelolaan menurut Prajudi atmosuryo (1982) merupakan suatu aktivitas atau kegiatan sejumlah orang di perusahaan sebagai pemanfaatan serta pengolahan sumber daya yang akan dipergunakan dalam kegiaatan, untuk mencapai keberhasilan atau tujuan tertentu.
Manfaat manajemen pengelolaan dalam perusahaan
Manfaat manajemen pengelolaan dalam perusahaan merupakan bagian penting dalam perusahaan untuk mencapai tujuan atau keberhasilan perusahaan, ada 5 poin penting dalam manfaat pengelolaan manajemen dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut
1. Perencanaan (Planning)
Fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang wajib dijalankan dengan baik yaitu, yang pertama adalah fungsi planning atau perencanaan. Perencanaan adalah suatu rangkaian proses dalam penetapan tujuan organisasi dan penentuan berbagai strategi yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuan.
Menurut para ahli ada 4 tahapan yang harus dicapai dalam proses perencanaan:
- Menetapkan serangkaian tujuan perusahaan
- Merumuskan masalah atau keadaan saat ini
- Mengidentifikasi kemudahan dan hambatan dalam perusahaan
- Mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan atau keberhasilan perusahaan
Tahapan yang terakhir sebuah proses perencanaan adalah proses perencanaan dibutuhkan penilaian alternatif dan pengambilan data keputusan yang bertujuan untuk menentukan pilihan terbaik di antara berbagai keputusan alternatif yang ada. Bagi perusahaan, salah satu manfaat dari adanya fungsi manajemen adalah pengelolaan perusahaan tentang perencanaan yang di lakukan ini dapat memberikan manfaat diantaranya yakni sebagai berikut:
- Dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tujuan perusahaan
- Dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan
- Dapat menghindari resiko yang mungkin terjadi di masa pemberlaksanaan atau yang di hadapi kedepan
- Mudah dalam melakukan pengawasan dalam proses di perusahaan
2. Pengorganisasian (Organizing)
Yang kedua adalah fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang wajib di lakukan dengan baik adalah fungsi organizing atau pengorganisasian dalam program kerja perusahaan. Pengorganisasian adalah rangkaian aktivitas pembagian berbagai tugas yang akan dikerjakan, serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan amat baik, fungsi pengorganisasian yaitu meliputi sebagai berikut:
- Perumusan tujuan secara jelas sesuai yang ada dalam perusahaan.
- Pembagian tugas pekerjaan sesuai dengan keterampilan anggota perusahaan
- Mendelegasikan wewenang
- Melakukan unsur koordinasi sesama anggota perusahaan
Bersumber dari ruangguru.co.id, tujuan dari fungsi organizing adalah sebagai fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang wajib dilakukan dengan baik adalah agar perusahaan dapat mengatur berbagai sumber daya Sumber Daya Manusia(SDM) atau sumber daya yang lainnya dalam perusahaan.
Tujuannya ialah agar sumber daya yang ada dalam perusahaan dapat berfungsi dengan optimal dan bisa melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing dengan amat baik. Dengan kata lain, pengorganisasian adalah suatu proses dan progres untuk membentuk berbagai kelompok khususnya bagi karyawan agar dapat mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan basicnya masing-masing.
3. Staffing (staf)
Staffing ialah fungsi yang hampir sama dengan organizing, fungsi ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya yang ada perusahaan di tempat yang paling tepat sesuai dengan bidang dan keahliannya masing masing karyawan.