Lihat ke Halaman Asli

Pesan Menyentuh GM Hotel kepada Karyawan di Masa Covid-19

Diperbarui: 27 April 2020   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: WhatsApp Group pribadi

Teman-teman semuanya,

Hari ini saya berbincang dengan sahabat saya, seorang GM hotel juga, beliau baru cerita kalau ternyata sejak awal bulan ini sudah tidak bekerja lagi. Demikian pula tim beliau, terkena unpaid leave, bahkan sejak bulan kemarin tidak mendapatkan gaji maupun uang service charge sama sekali, meski hotel masih sempat buka.

Masih ingat kan, belum lama ini saya cerita mengenai teman-teman mantan satu tim saya di hotel saya dulu yang dari GM sampai karyawan semuanya 'terpaksa' resign, karena semula dirumahkan tanpa mendapatkan gaji sepeserpun sejak bulan Maret, kemudian tidak ada kejelasan.

Ingat juga kan, kejadian salah satu hotel yang mem-PHK semua karyawannya dengan sistem same day notice?

Banyak teman-teman saya (atau mungkin teman-teman kalian juga) baik posisi GM maupun posisi lain di dunia perhotelan ini yang harus terkena unpaid leave tanpa digaji sama sekali atau 'terpaksa' (bahkan sebagian 'dipaksa') harus resign, sangat banyak sekali.

Jangankan THR yang seharusnya sebentar lagi dibagikan, untuk mendapatkan upah atas hasil kerjanya saja belum ada kejelasan. Padahal mereka adalah pejuang revenue yang gigih dimana di saat kondisi normal sebelum wabah Corona ini terjadi, mereka berkontribusi sangat besar bagi perusahaannya.

Kejam?

Sepertinya begitu, tapi sadarkah kita bahwa banyak pengusaha juga yang terancam gulung tikar menghadapi kondisi saat ini. Pendapatan tidak ada, tapi punya tanggung jawab (setidaknya tanggung jawab moral-'moral obligation') untuk memberikan nafkah bagi pegawainya; salah satu aset penting mereka.

Banyak pengusaha yang punya hati nurani, tapi tidak bisa berbuat banyak... Kita perlu pahami, ini masa-masa terberat bagi siapapun. Ibarat makan buah simalakama, maju kena-mundur kena...

Bersyukurlah bahwa Owner kita sangat concern memikirkan kita, berusaha untuk tidak melakukan PHK terhadap karyawan kita, mengusahakan pembayaran THR kita, berusaha agar kita tetap memperoleh pendapatan meski hotel tutup untuk sementara, tanpa ada pendapatan sama sekali.

Mohon syukuri hal ini. Marilah kita semua berdoa bersama bagi kesehatan Owner kita, Board of Director kita, orang-orang Head Office/Corporate, semua orang di grup hotel kita dan tentu saja bagi karyawan dan keluarga hotel kita tercinta, semua sehat dan terbebas dari wabah Corona ini, semoga wabah segera berakhir dan bisnis kita segera pulih seperti sediakala.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline