Lihat ke Halaman Asli

Bekerja secara Profesional

Diperbarui: 13 November 2021   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sikap tidak profesional harus dihilangkan dari semua pekerja. Mengapa? Karena sikap kerja yang tidak profesional hanya akan merugikan Anda. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan proyek secara perlahan sehingga Anda tidak mencapai tujuan Anda, tidak menyiapkan materi untuk presentasi, atau menghabiskan  sepanjang hari mengobrol di tempat kerja. Tentu saja, opini negatif akan selalu ditujukan kepada Anda. Akibatnya, rekan kerja Anda tidak mempercayai Anda, yang menyebabkan stagnasi dalam kinerja pekerjaan dan bahkan  kerugian. Oleh karena itu, jika Anda  berada di dunia kerja, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk tetap profesional. 

 Dapat dilihat bahwa ketika karyawan bekerja di perusahaan dan  menerima gaji, mereka telah memenuhi kewajibannya. Kemudian  jenis  pekerjaan yang ditugaskan akan selesai tepat waktu, tanpa keluhan dan selalu mengoreksi kesalahan untuk menyelesaikan lebih baik. 

beberapa cara kerja secara prefesional bisa diterapakan di dalam perusahan anda.

- Dateng ke kantor tepat waktu
 
 Ketepatan waktu adalah sangat penting dari prefesionalisme. Jadi pastikan anda bukan orang yang terakhir yang dateng kekantor dengan mengabiskan waktu sekita 30 menit menjelaskan kepada atas kenapa anda dateng terlambat. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang. Pekerjaan puntu akan terselesaikan tepat pada waktunya. Jika anda dateng tepat waktu, tidak ada lagi bermalas malasan.
 
-  Bertanggung jawab atas apa yang diberikan atasan Anda
 
 Ketika Anda malas, semua peluang emas  di mata Anda akan hilang. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Ada hal-hal yang harus dikorbankan untuk bisa sukses. Untuk melakukan ini, tentukan takdir Anda sekarang. Apakah Anda ingin sukses? Sekarang belajarlah untuk bertanggung jawab atas apa yang telah Anda lakukan, apa pun tindakannya, itu adalah pekerjaan yang diberikan kepada Anda oleh atasan. 

- Bersikap Sopan

Kesopanan sangat penting bagi seseorang jika Anda ingin menjaga profesionalisme di tempat kerja Anda. Saat berbicara dengan atasan atau rekan kerja dan klien, pastikan suara Anda tidak terlalu keras atau terlalu rendah, jika Anda memperkenalkan orang, berikan nama mereka dengan otoritas tertinggi; "Tuan A, direktur perusahaan B, ..."

- Optimisme
 
 Lebih baik membangun sikap optimis dalam diri Anda. Percaya pada kemampuan kita. Sekalipun kita  gagal, marilah kita mengambil pelajaran untuk diri kita sendiri sebagai langkah menuju pintu kesuksesan.
 Banyak dari kita  takut akan hal-hal baru. Inilah yang membuat kita tidak bisa maju. Kita terlalu pesimis sebelum mencobanya, jika kita terus  pesimis, kapan kita akan majunya?  

- Jangan membawa pekerjaan pribadi ke kantor
 
 Jika Anda memiliki masalah di luar kantor atau jika Anda bekerja jauh dari kantor. Yang terbaik adalah tidak membawanya ke tempat kerja. Jika dilakukan, hanya akan membuat Anda tidak profesional saat menjalankan bisnis. Pekerjaanmu diabaikan.

-  Memiliki Tujuan Dalam Berkerja

Dalam bekerja, selain memiliki tujuan untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja, Anda juga harus memiliki tujuan pribadi. Anda harus terus memotivasi diri Anda untuk mencapai tujuan pribadi tersebut.
 
 Hal ini bisa jadi, peningkatan kemampuan, mempelajari hal baru atau bahkan mencapai sesuatu yang diidamkan. Melalui ini, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan sungguhsungguh sekaligus dapat menjadi pekerja yang handal.
 
 Dengan melakukannya, tentu Anda akan dapat memiliki arti profesional dalam bekerja yang sebenarnya. Karena ini tentang meningkatkan kualitas diri sendiri seperti yang dijelaskan di atas.

- Memiliki Bahasa Yang Baik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline