Lihat ke Halaman Asli

Lembaga MGM Mendirikan Rumah Pencerahan

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Lembaga MGM Mendirikan Rumah Pencerahan


Di era yang terus berkembang seiring berjalannya waktu, Indonesia sebagai negara yang besar diharapkan mampu bersaing dalam segala aspek baik dari pendidikan, ilmu pengetahuan, dan berbagai aspek lainya. Tentunya dalam menjawab tantangan persaingan yang begitu ketat tidaklah mudah. Ada banyak hambatan yang harus dihadapi salah satunya adalah kualitas sumber daya manusia bangsa Indonesia yang masih kurang. Namun demikian bukan berarti tidak ada lagi harapan untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik dan mampu berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa besar lainnya.

Dalam mencapai perubahan tersebut, masyarakat dalam hal ini generasi muda Islam mutlak memiliki wawasan luas, llmiah, kreatif dan inovatif. Untuk itu perlu sebuah wadah untuk mewujudkan tujuan tersebut agar tidak hanya menjadi wacana semata dan kemudian hilang karena tidak mendapat perhatian yang baik dari kita semua.

MGM (Masyarakat Gerakan Madani) adalah Lembaga Muslim Sosial, didirikan untuk membantu mewujudkan masyarakat madani yang cerdas dan beradab. Mempertahankan integritas tujuan dalam memperkuat hubungan dengan organisasi lain yang peduli akan pentingnya peningkatan sumber daya dan menjadi penyedia fasilitas untuk masyarakat muslim di Papua. Peran MGM adalah mendorong masyarakat  muslim untuk meningkatkan ilmu pengetahuan sebagai cita-cita dan nilai-nilai Islam serta membentuk generasi muda menjadi seorang cendekiawan muslim masa depan yang dapat memikirkan Islam dan menyelamatkan diri, keluarga, dan masyarakat.

Salah satu program Lembaga MGM adalah membantu taman baca yang kini berubah nama menjadi Rumah Pencerahan yang bertempat di gedung LPTQ aimas Kabupaten Sorong. Pembentukan rumah baca ini sebagai wujud kepedulian para pemudua kabupaten Sorong yang tergabung dalam lembaga MGM dalam meningkatkan minat baca bagi siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain itu langkah pembentukan rumah baca ini berlatar belakang dari permasalahan minimnya ketersediaan buku-buku bacaan khususnya di wilayah kabupaten Sorong.

Meskipun ketersediaan buku-buku yang ada belum maksimal, namun keberadaan taman baca atau rumah pencerahan ini sudah dapat membantu khususnya mahasiswa dalam mencari referensi. Program kedepan dalam hal penyediaan buku, pengurus rumah pencerahan MGM akan berupaya untuk mengadakan buku-buku yang sesuai dengan referensi yang digunakan pada beberapa sekolah tinggi maupun universitas yang ada di Sorong.

Sebagai suatu organisasi independent, tentunya banyak sekali perjuangan keras yang perlu dilakukan dalam memaksimalkan segala program yang dilakukan pada lembaga pemuda ini, terutama masalah pendanaan. Namun, semangat para pengurus lembaga MGM ini begitu luar biasa. Satu tahun semenjak terbentuknya, sudah banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan selain pembentukan rumah baca ini, diantaranya:

a.Kegiatan Daurah LembagaMGM di Masjid Polres Sorong,23 Oktober 2011

b.Latihan Kepemimpinan,19 November 2011

c.Kegiatan pewakafan buku,3 Desember 2011

d.Launching “Rumah Pencerahan” Lembaga MGM, 21 Januari 2012

e.Training Komunikasi Kerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) 11/12 Februari 2012

f.Bakti Sosial Di Panti Asuhan Putra Putri Papua,28 April 2012

g.Bakti Sosial Di Kampung Kokoda SP3, 28 April 2012

h.Dialog Ramajainteraktif Siswa Berprestasi Pro2 RRI Sorong oleh Lembaga MGM, 12 Maret 2012

i.Pengajian akbar di Gedung ACC Sorong ,8 April 2012

j.Kunjungan Ke Rumah Baca Komunitas Buka Mata 12 Februari 2012

k.Kerjasama dengan Penerbit Erlanggadalam pengadaan buku “Rumah Pencerahan” (2 Maret 2012)

l.Serah Terima Bantuan Buku dari PT. Pesona Grafindo

m.Resensi Buku Di RRI Pro 2 Sorong, 13 Februari 2012

n.Kegiatan Pengkaderan Lembaga MGM I ,Aimas, 7,8 dan 14, 15 Juli 2012

o.Kegiatan Pengkaderan di Refei Pantai, 13 Oktober 2012.

Dengan berbagai kegiatan di atas dan pembentukan rumah baca, Lembaga MGM berharap dapat memacu para pemuda untuk tetap semangat dalam berkarya. Harpan penciptaan masyarakat yang berkarakter madani dapat terwujud, budaya minat baca bagi seluruh kalangan dapat berkembang. Amin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline