Lihat ke Halaman Asli

H.I.M

TERVERIFIKASI

Loveable

(Hanya) Untuk Traveller, Apa yang Harus Anda Persiapkan?

Diperbarui: 22 Desember 2016   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisataku ke Bukit Kapur Madura. (Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Hai Sobat Kompasiana,

Berlibur memang menjadi hal yang menyenangkan khususnya mereka yang memiliki rutinitas yang padat sehingga tidak memiliki waktu cukup untuk bersantai. "Refresh your mind and soul" seakan menjadi tagline yang ditanam dibenak seseorang saat berwisata karena pikiran dan jiwa kita memang terasa lelah akibat tugas, kerjaan, target atau permasalahan hidup sehingga wisata menjadi pilihan bijak untuk menyegarkan kembali pikiran dan jiwa kita. Berbagai pilihan wisata dapat kita lakukan seperti ke alam, area taman bermain, kebun binatang, tempat bersejarah maupun ke tempat favourite lainnya. Tidaklah heran menjelang weekend atau libur panjang, agenda liburan telah disusun dengan rapih baik berupa tempat tujuan, dengan siapa, berapa lama, akomodasi yang digunakan hingga peralatan wisata.

Saat ini banyak ulasan atau artikel yang memuat tips, trik hingga pengalaman selama traveling dari masyarakat atau seseorang yang memiliki hobi traveling kepada pembaca. Khususnya bagi wisatawan pemula, mencari informasi maupun pengalaman dari orang lain memang dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau sekedar memaksimalkan pengalaman berwisata anda. Untuk itulah saya pun ingin berbagi pengalaman tentang peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh sobat traveler sebelum berwisata ke daerah yang ingin dituju. Jangan sampai agenda wisata yang telah sobat kompasiana buat dengan baik justru kurang berkesan karena adanya peralatan elektronik, gadget, hingga aksesorisnya yang notabane-nya akan memberikan pengalaman berkesan namun justru terlupakan untuk dibawa. Apa saja peralatan elektronik maupun gadget yang perlu dipersiapkan :

1. Alat Dokumentasi

Perjalanan wisata akan menjadi kurang berkesan tanpa disertai dokumentasi di tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Bahkan disaat sobat kompasiana bercerita kepada keluarga, teman, atau kolega telah mengunjungi tempat A, B atau C tanpa disertai dengan dokumentasi tidak menutup kemungkinan ada pihak meragukan kisah anda. Untuk itu pastikan anda telah membawa alat dokumentasi untuk mengabadikan kisah anda di tempat wisata. Apa saja alat dokumentasi yang bisa anda bawa saat berwisata nanti :

  • Kamera Digital / DSLR

Ilustrasi DSLR yang dapat Dibawa. (Sumber Gambar : Elektronik City)

Kamera digital / DSLR memang dianjurkan untuk dibawa oleh sahabat traveler. Ini dikarenakan kamera digital atau DSLR selain memiliki resolusi kamera besar sehingga memberikan hasil foto yang lebih baik dibandingkan dengan kamera telepon seluler maupun video recorder juga memberikan kesan sebagai seorang petualang. Bisa dibayangkan, sobat traveler menenteng kamera digital ataupun DSLR di bahu atau menggambil obyek gambar melalui lensa kamera digital atau DSLR, orang yang ada disekitar akan melihat anda sebagai sosok petualang sejati. Setiap momen seakan tidak ingin terlewatkan melalui jepretan dari lensa kamera.
  •  Camcorder

Camcorder Teman Traveling-ku. (Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Bagi sobat traveler yang suka mengabadikan momen perjalanan melalui video, merekam aktivitas masyarakat atau benda bergerak memang membawa Camcorder adalah pilihan yang bijak. Ini dikarenakan Camcorder memiliki penyimpanan memori yang lebih besar, mekanisme zoom optic yang lebih praktis, hingga auto fokus yang lebih baik dibanding merekam melalui kamera digital ataupun telepon seluler. Jadi bila sobat traveling berencana mengunjungi suatu tempat untuk melihat atraksi masyarakat, parade budaya, pentas tari, aktivitas fauna di alam bebas, hingga kisah perjalanan dalam bentuk video. Jangan pernah melupakan Camcorder di dalam tas perjalanan anda.
  • Handphone/Telepon Seluler

Ilustrasi Handphone yang dapat Dibawa. (Sumber Gambar : ELektronik City)

Bagi sobat traveler yang ingin lebih praktis dalam mendokumentasikan foto ataupun video tanpa ingin diberatkan dengan gadget berukuran besar. Handphone memang menjadi alternatif yang tepat. Ini dikarenakan Handhone telah berkembang pesat baik dari model hingga teknologi yang dilengkapi dengan fasilitas kamera hingga video recorder. Namun perlu dipastikan kapasitas memori kamera seluler memiliki keterbatasan sehingga jangan kaget bila memori telepon seluler cepat penuh ataupun baterai cepat habis. Jangan sampai sobat traveler tidak dapat menggunakan Handphone untuk berkomunikasi karena baterai habis selalu digunakan untuk berfoto atau merekam video. Kelebihan Handphone dibanding Kamera Digital ataupun Camcorder, Sobat Kompasiana dapat membagikan atau meng-upload hasil foto maupun rekaman traveling ke media sosial seperti facebook, twitter, path, istagram, line, dsb. Tidak hanya itu berbagai aplikasi tambahan untuk melakukan editing video dan gambar akan memberikan hasil dokumentasi yang unik dan berbeda secara instan.

# Tips

Sobat kompasiana perlu memperhatikan bahwa seringkali kita terlalu asik untuk mengambil gambar atau video sehingga kurang memperhatikan daya tahan baterai. Oleh karena itu, sobat kompasiana perlu membawa perlengkapan tambahan seperti powerbank atau baterai cadangan. Tujuannya memang agar gadget dapat digunakan disaat terbatasnya tempat untuk mengisi mengisi daya baterai yang habis. Tidak hanya itu, tripod dan Tongsis (Tongkat Narsis) juga menjadi aksesoris yang perlu dibawa. Seringkali kita ingin mengambil foto namun tidak ada orang disekitar kita atau kita sungkan meminta orang untuk mendokumentasikan. Bawalah tripod atau Tongsis yang sederhana dan mudah dilipat karena selain praktis juga tidak menghabiskan banyak tempat saat ditaruh di dalam tas.

2. Gadget Musik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline