Lihat ke Halaman Asli

H.I.M

TERVERIFIKASI

Loveable

Kanvas (Kampung KreativitAs) Kratingdaeng

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ide Kampung Kreativitas berawal dari pelatihan keterampilan yang pernah saya lakukan kepada siswa SD dengan memanfaatkan barang bekas termasuk botol minuman yang tidak terpakai. Ternyata banyak inovasi yang muncul dari sebuah botol bekas yang sarat nilai kreativitas tinggi dan bernilai ekonomis. Untuk itu saya berkeinginan untuk menciptakan Kanvas (Kampung Kreativitas) Kratindaeng yang merupakan pilot project pengembangan sebuah kampung dengan peningkatan keterampilan masyarakat dan ramah lingkungan.

Langkah pertama, masyarakat secara mandiri mengumpulkan botol kratingdaeng. Biasanya botol kratingdaeng bekas mudah ditemukan di warung makan, warnet, pos ronda, pos ojek/angkutan umum, dan tempat umum lainnya. Botol yang terkumpul kemudian dibersihkan dan diklasifikan berdasarkan tiga kategori, tutup botol, botol kratingdeng utuh, dan botol kratingdeng pecah. Setelah diklasifikasikan selanjutnya mulai untuk dikreativitaskan.

Tutup botol Kratingdaeng dapat dibuat gantungan kunci, pin, dan hiasan dinding. Awalnya tutup botol diberi cat dasar kemudian diwarnai dengan cat hias sesuai dengan motif yang diinginkan. Untuk daya tarik, dapat ditambahkan aksesoris tambahan. Misalnya tutup botol Kratingdaeng dibuat gantungan kunci/pin/hiasan dinding bermotif wajah manusia maka maka dapat ditambahkan aksesoris mata, potongan kain perca untuk rambut, hidung, dan mulut. Kerajinan ini dapat dilakukan oleh anak SD-SMP

Botol Kratingdaeng utuh dapat dibuat berbagai kreativitas seperti vas bunga gantung, permainan, hingga alat musik. Khusus pada alat musik, botol kratingdeng dapat diisi oleh air atau pasir dengan volume berbeda. Ini dikarenakan dengan memasukkan material dalam botol dapat menghasilkan nada suara khusus. Kerajinan ini dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat.

Botol Kratingdaeng pecah seringkali dianggap limbah dan tidak memiliki nilai jual. Namun anggapan ini salah dikarenakan botol Kratingdaeng yang pecah dapat diolah menjadi butiran kaca halus. Butiran kaca halus ini dapat dibuat kaligrafi atau lukisan kaca yang memiliki nilai estetika tinggi dan bernilai ekonomis. Butiran kaca dapat ditempel motif yang telah dibuat sebelumnya. Kerajinan ini dapat dilakukan oleh remaja hingga orang dewasa.

Penggagasan Kanvas (Kampung Kreativitas) Kratingdaeng memiliki berbagai kelebihan karena semua lapisan masyarakat (usia, jenis kelamin, status sosial, dsb) dan terlibat aktif untuk menjadikan kampungnya menjadi kampung unik dan berinovasi. Ini dikarenakan mereka dapat memanfaatkan barang yang semula tidak terpakai/limbah industri menjadi hal yang berguna. Bahkan tidak menutup kemungkinan, perekonomian masyarakat akan terangkat karena kampung ini menjadi daya tarik wisatawan dan hasil kerajinan dapat dijual.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline