Lihat ke Halaman Asli

H.I.M

TERVERIFIKASI

Loveable

ACIBI (Aku CInta Bahasa Indonesia), Aksi Kecil untuk Anak di Lokalisasi Suko

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14163279521191976492

Aksi Untuk Indonesia....

Saya ingin berbagi pengalaman kepada kompasianer tentang aksi sederhana yang pernah saya lakukan sebagai kontribusi untuk Indonesia. Bulan Oktober 2013, saya dan 3 teman menggagas aksi bertemakan "ACIBI : Aku CInta Bahasa Indonesia" di Lokalisasi  Suko, di Kabupaten Malang. Mengapa kami menggagas aksi ACIBI?


  1. Saat ini penggunaan bahasa indonesia terutama di kalangan generasi muda mulai mengalami degradasi. Hal sederhana terlihat ketika generasi muda lebih menyukai menggunakan bahasa indonesia yang dikolaborasikan dengan bahasa "gaul" ataupun bahasa asing sehingga tidak sesuai lagi dengan kaidah bahasa. Kompasianer mungkin familiar dengan istilah "capek deh, eh busyet, gile loe, please deh, dan beberapa istilah lain yang digunakan oleh masyarakat ataupun generasi muda dalam percakapan sehari-hari. Disatu sisi, penggunaan istilah ini dalam kegiatan sosial dinilai lebih mudah diterima dan terkesan mengakrabkan satu dengan lainnya. Namun disisi lain, penggunaan istilah tersebut kurang tepat jika dilihat dari sisi kaidah bahasa bahkan rentan menciptakan ketidaksopanan bila istilah tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua.
  2. Pelaksanaan di bulan Oktober sangat bertepatan dengan peringatan bulan bahasa sehingga aksi ACIBI ini sekaligus memperkuat kembali arti penting bahasa indonesia kepada generasi muda.
  3. Pemilihan aksi di daerah lokalisasi Suko, Kabupaten Malang dikarenakan kami telah melakukan survey awal dengan mengobrol dengan beberapa anak disana dan ternyata ditemukan ada beberapa anak yang secara tidak sengaja memakai istilah yang kurang tepat untuk di usia mereka dan terkesan vulgar. Ternyata faktor lingkungan sosial ikut mempengaruhi cara berkomunikasi mereka.


Bagaimana aksi ACIBI?

Kami tim ACIBI menggunakan media boneka dongeng sebagai media penguatan kembali bahasa indonesia bagi anak-anak usia 6 hingga 14 tahun di daerah lokalisasi. Kami percaya bahwa dengan mendongeng, anak-anak akan lebih tertarik untuk mendengarkan serta pesan dari program kami dapat cepat dipahami. Tim ACIBI membuat 3 boneka karakter yang kami namai Risa, Lina, dan Bapak Guru Tedi.

[caption id="attachment_376420" align="aligncenter" width="614" caption="Tim ACIBI dengan Boneka Karakter Lina, Risa, dan Pak Guru Tedy"][/caption]

Seperti aplikasi program ACIBI?

Kompasianer pasti bertanya-tanya bagaimana kami menanamkan pentingnya penggunaan bahasa indonesia yang tepat melalui media boneka dongeng. Pertama, kami kumpulkan anak-anak usia 6 hingga 14 tahun yang tinggal di lokalisasi Suko, Kabupaten Malang dan memilih areal lapang sebagai tempat mendongeng. Untuk mengakrabkan diri, tim ACIBI dan anak-anak saling berkenalan satu dengan lainnya. Sebagai daya tarik, tim ACIBI menjelaskan bahwa kami akan mendongeng untuk mereka tentang "Arti Penting Bahasa Indonesia dalam Berkomunikasi" serta tidak lupa kami menyiapkan berbagai hadiah untuk anak-anak yang mampu menjawab kuis yang akan kami berikan di sela-sela mendongeng.

Berikut ini beberapa petikan dialog yang tim ACIBI tampilkan kepada anak-anak Suko.

(Suasana istirahat sekolah)

Prolog : Ada 2 orang siswi yang bernama Risa dan Lina sedang menghabiskan waktu istirahat sekolah dengan saling mengobrol di taman sekolah.

Risa : Lin, nanti sepulang sekolah, kita kongkow yuks. Ada tempat asik di deket sekolah kita !

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline