Lihat ke Halaman Asli

Indra Jaya

Mahasiswa iain samarinda

Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia

Diperbarui: 18 Juni 2021   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia. | Kompas

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan sesama manusia lainnya menggnakan tanda,misalnya kata dan gerakan.Kata gaul bisa diartikan sebagai anak lebay,Dimana anak-anak tersebut sering didefinisikan sebagai anak yang berkelakuan tidak biasa,atau dapat disebut berlebihan (norak). Anak lebay tersebut memiliki bahasanya sendiri yang tidak mudah dipahami oleh masyarakat umum.

Bahasa gaul (alay) dapat berkembang karena beberapa faktor. Seperti media sosial,televisi,dan dapat juga karena faktor lingkungan. Televisi banyak menyajikan program-program yang menampilkan kealayan menggunakan bahasa gaul. Dan remaja mengekspresikan bahasa gaul melalui media sosial. 

Oleh karean itu bahasa gaul berkembang dengan cepat.Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mencegah televisi dari menampilkan acara televisi yang menggunakan bahasa tidak baku, atau bisa disebut bahasa alay. Dan orang tua harus membimbing anaknya agar menggnakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Dan orang tua juga dapat mengkritik politisi yang mncul di telivisi jika tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Berbahasa sangat erat kaitannya dengan budaya sebuah generasi. Kalau generasi negeri ini kian tenggelam dalam pudarnya bahasa Indonesia yang lebih dalam, mungkin bahasa Indonesia akan semakin sempoyongan dalam memanggul bebannya sebagai bahasa nasional dan identitas bangsa. Dalam kondisi demikian, diperlukan pembinaan dan pemupukan sejak dini kepada generasi muda agar mereka tidak mengikuti pembusukan itu. 

Baca juga: Lengkapkah Kamus Besar Bahasa Indonesia? (Bahasa Baku dan Bahasa Gaul)

Pengaruh arus globalisasi dalam identitas bangsa tercermin pada perilaku masyarakat yang mulai meninggalkan bahasa Indonesia dan terbiasa menggunakan bahasa gaul. Saat ini jelas di masyarakat sudah banyak adanya penggunaan bahasa gaul dan hal ini diperparah lagi dengan generasi muda Indonesia juga tidak terlepas dari pemakaian bahasa gaul. Bahkan, generasi muda inilah yang paling banyak menggunakan dan menciptakan bahasa gaul di masyarakat. 

Penggunaan bahasa gaul dapat mempersulit penggunanya untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Padahal di sekolah atau di tempat kerja, kita diharuskan untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar. Tidak mungkin jika pekerjaan rumah, ulangan atau tugas sekolah dikerjakan dengan menggunakan bahasa gaul. Karena, bahasa gaul tidak masuk ke dalam tatanan bahasa akademis. Begitu juga di kantor, laporan yang kita buat tidak diperkanakan menggunakan bahasa gaul. 

Jadi, ketika situasi kita dalam situasi yang formal jangan menggunakan bahasa gaul sebagai komunikasi. Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya dalam masyarakat terutama dikalangan remaja.

Apalagi dengan maraknya dunia kalangan artis menggunakan bahasa gaul di media massa dan elektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya di kehidupan sehari-hari hal ini sudah menjadi wajar karena remaja suka meniru hal-hal yang baru. Dewasa ini pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia film, sinema elektronik (sinetron) mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa anak remaja, yang dikenal dengan bahasa gaul.

Karena bahasa gaul yang begitu mudah untuk digunakan berkomunikasi dan hanya orang tertentu yang mengerti arti dari bahasa gaul, maka remaja lebih memilih untuk menggunakan bahasa gaul sebagai bahasa sehari-hari. Sehingga bahasa Indonesia semakin pudar bahkan dianggap kuno di mata remaja dan juga menyebabkan turunnya derajat bahasa indonesia. Penggunaan bahasa gaul dapat mempersulit penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Padahal di sekolah atau di tempat kerja, kita diharuskan untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca juga: Dua Risiko Bahasa Gaul Anak Jaksel, yang Kedua Bikin Ngakak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline