Lihat ke Halaman Asli

Metode UMMI Guna Meningkatkan Kerohanian Siswa

Diperbarui: 19 Mei 2023   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi/pembelajaran metode ummi

Di era arus globalisasi yang sangat cepat ini pastinya banyak hal baru yang masuk, yang tentunya memiliki dampak positif maupun negatif. banyak tekhnologi-tekhnologi yang baru, contohnya gadget yang dapat mempengaruhi anak dalam proses belajar. anak pun lebih memilih bermain gadget ketimbang membaca Al-Qur'an. banyak sekali anak-anak zaman sekarang yang sulit untuk mengaji. bahkan, anak tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur'an.

SD Negeri Kedungsari 1 Kota Magelang menerapkan kegiatan tambahan pada siswa berupa membaca Al-Qur'an dengan menggunakan bacaan metode UMMI yang dimana kegiatan ini bekerjasama dengan birul Qur'an ihsanul fikri guna memberikan bimbingan kepada para siswa SD Negeri Kedungsari 1 kota magelang, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung salah satu misi dari sekolah yang berisi " Menanamkan keimanan atau keyakinan terhadap Allah SWT dan perilaku yang dicontohkan Rosulullah SAW " kegiatan ini menjadi kegiatan wajib para siswa kelas 1,2 dan 3 lalu tahun berikutnya bertahap ke kelas 4,5 dan 6 agar semua kelas dapat mengimplementasikan pembelajaran metode UMMI ini. kegiatan ini di laksanakan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Dengan Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an metode UMMI di SD NEGERI KEDUNGSARI 1 Kota Magelang Ini menjadi sebuah pedoman yang baru bagi siswa dan siswi. Kegiatan pembelajaran metode UMMI ini di katakan sangat menyenangkan, karena dalam pembelajarannya di buatkan lagu untuk setiap materi yang ada agar anak dapat lebih  cepat tanggap dan memberikan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. dalam pembelajarannya, di buatkan 2 kelompok perkelas agar sesuai dengan capaiannya.

Tujuan pembelajaran UMMI secara pokok untuk MENCETAK GENERASI QUR'ANI untuk jangka panjangnya, dan untuk jangka pendeknya memberikan ajaran Al-Qur'an dengan baik sesuai dengan tajwidnya. Bapak purwanto, selaku pengampu mengatakan "pembelajaran metode UMMI sesuai dengan nama UMMI yang berasal dari bahasa arab yang memiliki arti IBU, yang memiliki sifat ramah, lembut, dan dekat dengan anak... harapannya seperti itu " imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang turut membantu dalam rangka Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yang di laksanakan pada  bulan Maret hingga Mei tahun 2023 di SD NEGERI KEDUNGSARI 1 kota Magelang. di sana para mahasiswa turut terjun ke lapangan dan berinteraksi dengan para siswa di SD NEGERI KEDUNGSARI 1 Kota Magelang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline