Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Kelompok A dengan Bermain Kardus Angka

Diperbarui: 30 November 2023   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media Kardus Angka Dengan Tutup Botol Bekas, dokpri

PENGARUH MEDIA KARDUS ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA KELOMPOK A TK BUNGA PERTIWI II SEMEMI SURABAYA.

Penelitian ini berdasarkan masalah di TK Bunga Pertiwi II Surabaya. Dari hasil observasi 19 anak pada kelompok A di TK Bunga Pertiwi II Sememi Surabaya terdapat 9 anak yang masih belum bisa membilang angka 1-10 sesuai dengan jumlah jarinya (misalkan jarinya masih menunjukkan 1, tapi anak membilang angka 2), anak masih belum mahir mengurutkan angka, media  yang tidak bervariasi, dan kurangnya metode dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Hal yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan permasalahan berdasarkan kajian literatur dan wawancara yaitu kurang memanfaatkan alat peraga untuk media dalam pembelajaran. (Makian, 2021), proses belajar terpusat pada guru yang menyebabkan guru lebih aktif dari pada anak-anak, dalam pembelajaran kurang memanfaatkan media sebagai perantara dalam pembelajaran. (Hasiana.I, 2021)

Kendala juga dilihat dari kurangnya keterlibatan aktivitas siswa dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan (Milliannoor, 2016). Melihat kendala tersebut peneliti berupaya mengatasi  dengan melakukan pembelajaran yang melibatkan anak secara aktif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 yaitu melalui media kardus angka.

Dalam materi meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Upaya guru membuat APE (Alat Peraga Edukatif) hanya dari barang bekas seperti kardus dan tutup botol sangat mudah didapat dari lingkungan sekitar kita.  Media kardus angka digunakan menjadi salah satu cara meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak (Makian, 2021). Dari data penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ada pengaruh media kardus angka (Hasiana, 2021).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A TK Bunga Pertiwi II Sememi Surabaya.

Media Kardus Angka Dengan Menggunakan Stick, dokpri

Saat praktik pembelajaran Peningkatan kemampuan kognitif mengenal bilangan 1-10 dilakukan, anak sangat antusias dengan adanya media kardus angka

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline