Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lebih dalam Al Quran dan Kualitas Taqwa (Kajian Surat Al-Baqarah Ayat 1 sampai 5)

Diperbarui: 8 Mei 2023   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Detik.com

 

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang dianggap sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Di dalam Al-Quran terdapat banyak ayat yang membahas tentang nilai-nilai moral dan spiritual yang dapat membantu manusia dalam mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Salah satu nilai moral dan spiritual yang sangat diutamakan dalam Islam adalah taqwa, yang merupakan sikap takut atau khawatir terhadap Allah SWT.

Surat Al-Baqarah merupakan surat ke-2 dalam Al-Quran yang terdiri dari 286 ayat. Surat ini dianggap sebagai surat yang sangat penting dalam Al-Quran karena membahas tentang banyak hal, Di dalam surat Al-Baqarah ayat 1-5, terdapat beberapa ayat yang membahas tentang taqwa dan kaitannya dengan kualitas hidup manusia.

Ayat pertama menegaskan sebagai bukti, bahwa al-quran merupakan kitab suci terakhir yang tidak bisa diubah isi nya.  Ayat pertama ini termasuk salah satu dari Huruf Mutaqathiah, yakni huruf-huruf yang dipisah. Dengan artian Huruf Mutaqathiah ini menunjukkan kekuasaan allah swt. Tidak ada yang mampu atau bisa membandingkan al-quran dengan kitab yang lain.

Ayat kedua menegaskan bahwa al quran yang diturunkan kepada hambanya dan rasulnya ini, merupakan kitab yang agung, sehingga tidak lagi keraguan bagi umat nya untuk menjadikan al-quran ini sebagai pedoman dalam hidupnya.

Ayat ketiga dan keempat menggambarkan orang orang yang bertaqwa, bahwa orang yang bertaqwa itu memiliki 5 ciri, yaitu percaya dengan ada nya hal yang ghoib, menegakkan sholat, dan memberikan sedekah dari harta yang dimilikinya. Selain, itu orang yang bertaqwa harus percaya dengan kitab suci al-quran yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW maupun kitab yang diturunkan sebelum Al-quran diturunkan, yaitu taurat, zabur, injil. Dan percaya bahwa kehidupan dunia ini akan berakhir.

Sedangkan ayat kelima membahas orang-orang yang bertaqwa tersebut untuk mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan mengerjakan amal shalih dan meninggalkan semua yang dia haramkan akan mendapatkan hidayah atau petunjuk dari allah SWT dan mereka itulah yang termasuk kedalam golongan orang yang beruntung.

Dari ayat-ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa taqwa merupakan syarat utama dalam memahami dan mengamalkan isi Al-Quran dengan benar. Orang-orang yang taqwa diharapkan dapat melakukan tindakan yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti percaya pada keberadaan hal-hal yang gaib, melakukan shalat secara teratur, memberikan sedekah dari harta yang dimilikinya, Percaya al-quran kitab suci yang agung dan percaya ada nya hari akhir. 

Dosen Pengampu 

Dr. Hamidullah Mahmud M.A.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline