Lihat ke Halaman Asli

Kesenian Tradisional Wayang Golek yang Hampir Punah

Diperbarui: 30 Juni 2022   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wayang Golek Merupakan salah satu kebudayaan yang lahir di Jawa barat, akan tetapi banyak yang mengira Wayang Golek berasal dari india karena melihat dari cerita Ramayana dan Mahabharata dalam kitab suci Hindu. Namun cerita tersebut sudah ada sejak saat itu, lalu dimodifikasi dan disesuaikan dengan budaya Jawa.

Wayang golek Bentuknya menyerupai boneka kayu, bukan  kulit. Seperti wayang golek, adapun beberapa tokoh yang terkenal dalam wayang golek khas Jawa barat dalam komedi yaitu Si Cepot, Gareng, Petruk dan masih banyak lagi, adapun tokoh pahlawan seperti Gatot kaca. 

Namun, pada saat ini wayang golek terancam punah dari masyarakat Indonesia. Karena hal itu di sebabkan kurangnya antusias dari masyarakat setempat khususnya masyarakat yang ada di pulau Jawa Barat, pada saat ada acara hajatan pun kebanyakan masyarakat Jawa Barat lebih memilih hiburan organ tunggal dari pada wayang golek. Begitu pula dengan pemerintah setempat yang kurang memperhatikan tentang kesenian yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu penulis sangaat mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang berada di Jawa barat untuk tetap melestarikan kebudayaan kita, karena kebudayaan itu merupakan warisan dari nenek moyang kita yang patut kita juga. Adapun beberapa cara untuk melestarikan kebudayaan tersebut yaitu dengan cara memperkenalkan kepada anak-anak di mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) jika tidak bisa memperkenalkan secara langsung kita juga bisa langsung mengakses lewat internet.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline