Pada saat ini perkembangan otomotif khususnya kendaraan roda empat berkembang begitu pesat dalam kurun waktu yang sangat singkat. Hal itu di sebabkan meningkatnya jumlah penduduk dan besarnya kesempatan masyarakat untuk memiliki mobil. Dari sekian banyak pemilik mobil tidak sedikit diantaranya para pemilik mobil yang belum bisa menerima kenyataan bahwa mobil mereka perlu dilakukan servis berkala atau bisa di bilang servis bulanan secara rutin. Memang, jika mobil baru di awal pembelian pasti akan mendapatkan servis gratis, namun tidak untuk jangka waktu panjang. Apa lagi jika kamu membeli mobil bekas yang sudah menempuh jarak yang cukup jauh.
Kepemilikan kendaraan didasari berbagai macam latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan akan transportasi untuk menunjang aktifitas keseharian, bekerja, dan sebagainya. Pada saat menggunakan kendaraan, pastinya semua orang tidak menginginkan adanya masalah, terutama pada saat-saat dibutuhkan. Salah satu syaratnya adalah melakukan servis berkala mobil.
Seiring banyaknya mobil yang dipakai oleh masyarakat, tentu bengkel yang melayani jasa perawatan mobil semakin ramai, bahkan sampai mengantri. Dilatar belakangi hal tersebut, sebagai bentuk peran aktif mahasiswa dalam masyarakat, maka kelompok PKM mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang, antara lain Ahmad Rizki Fauzan sebagai ketua kelompok, Wawan Kurniawan, Alif Subhan, Habib Muzaky, Yanuar Bhagas Prasetyo W. kegiatan yang dilakukan selama satu hari ini melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yang bertemakan. "SOSIALISASI PERAWATAN BERKALA PER 10.000 KM ENGINE TOYOTA COROLA TAHUN 2000"
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dipilih sebagai tempat PKM adalah Jl.Madrasah, RT 001 / RW 012 , bintaro pesanggrahan, Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan bertempat di balai warga bintaro pesanggrahan dan diawali prosesi do'a bersama acara dimulai dengan harapan semua tahapan acara berjalan lancar dari awal hingga akhir, acara ini merupakan kegiatan positif yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar tentang mesin mobil dengan diadakanya sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat paham bagian-bagian/komponen mesin mobil dan cara perawatan serta perbaikannya jika terjadi gangguan kerja mesin mobil, paling tidak agar tidak mudah tertipu oleh oknum bengkel yang tidak jujur.
Kegiatan PKM ini dilakasanakan pada tanggal 20 Juni 2021, di mulai pukul 08:00 WIB sampai pukul 14:00 WIB. Kegiatan berkerja sama dengan karang taruna sub unit RT.001/012 bintaro pesanggrahan dan dihadiri oleh Bapak Yosep sihabudin selaku ketua RT.001 RW. 012 Jl.madrasah , bintaro pesanggrahan dan juga disertai dosen Bapak Yohana S.Si, M.Si selaku dari dosen pembimbing Teknik mesin,
peserta juga diberikan pengetahuan tentang tips dan trik merawat mesin mobil sederhana seperti perawatan ringan pengecekan fluida (oli mesin, power steering, brake fluid), pengecekan air washer Secara umum, interval service mobil itu sekitar 10.000 KM. biasanya ada penggantian part-part mobil. Per 10.000 KM menjadi patokan seberapa kuat mesin dan komponen mobil itu sendiri diperlukan perawatan rutin dan baik.cara perawatan engine mobil jenis ini sepatutnya dipahami oleh masyarakat. Apalagi mengingat saat ini mobil sudah termasuk dalam kebutuhan penting keseharian.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H